Bawaslu Sumba Timur Gelar Bimtek Pengawas Tahapan Pemutahiran Data Pemilih

"Kita lakukan bimtek bagi para pengawas agar mereka bisa melakukan pengawasan terhadap tahapan pilkada, yakni tahapan pemutahiran data pemilih

POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Suasana kegiatan bimbingan teknis (bimtek) yang digelar Bawaslu Sumba Timur di Padadita Beach Hotel, Rabu (15/7/2020). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM,Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/WAINGAPU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumba Timur menggelar kegiatan bimbingan teknis (bimtek) pengawasan tahapan pemutahiran data pemilih pada pemilihan bupati dan wakil bupati Sumba Timur tahun 2020.

Kegiatan ini berlangsung di Padadita Beach Hotel, Sumba Timur, Rabu (15/7/2020).
Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yakni Selasa dan Rabu (14-15 Juli 2020.

Acara bimtek ini dihadiri pengawas pemilu tingkat kecamatan se- Sumba Timur.
Ketua Bawaslu Sumba Timur,Anwar Engga mengatakan, Bimtek terhadap pengawas tingkat kecamatan itu berlangsung selama dua hari yakni pada Selasa-Rabu (14-15/7/2020).

"Kita lakukan bimtek bagi para pengawas agar mereka bisa melakukan pengawasan terhadap tahapan pilkada, yakni tahapan pemutahiran data pemilih," kata Anwar.

Dijelaskan, dengan dimulainya lagi tahapan pilkada di Sumba Timur, maka , Bawaslu juga harus menyiapkan tahapan-tahapan pelaksanaan pengawasan.

"Jadi kita berikan bimtek bagi pengawas kecamatan sehingga mereka bisa memahami prosedur pengawasan setiap tahapan. Tahapan yang akan dihadapi saat ini adalah pemutahiran data pemilih," katanya.
Dikatakan, peserta bimtek itu adalah Pengawas Kecamatan yang berasal dari semua kecamatan se-Kabupaten Sumba Timur.

"Peserta bimtek sebanyak 65 orang. Total Pengawas Kecamatan ada 66 orang, tetapi ada satu Pengawas Kecamatan yang meninggal dunia, sehingga yang hadir bimtek hanya 65 orang," ujarnya.

Anwar mengharapkan, dengan bimtek itu, para Pengawas Kecamatan bisa menularkan apa yang diperoleh selama bimtek kepada para pengawas di tingkat desa dan kelurahan.

"Kita harapkan peserta bimtek ini bisa disampaikan ke pengawas kelurahan dan desa agar dapat melakukan pengawasan saat pemutaran data pemilih," ujarnya.

Sementara dalam bimtek itu, Bawaslu Sumba Timur menjelaskan cara pengawasan terhadap pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih oleh Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDB).

Suasana kegiatan bimbingan teknis (bimtek) yang digelar Bawaslu Sumba Timur di Padadita Beach Hotel, Rabu (15/7/2020).
Suasana kegiatan bimbingan teknis (bimtek) yang digelar Bawaslu Sumba Timur di Padadita Beach Hotel, Rabu (15/7/2020). (POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru)

Area lampiran

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved