Breaking News:

Didirikan untuk Gereja, Bangunan Megah Hagia Sophia Dijadikan Masjid, Reaksi Dunia Kutuk Turki

Dalam perjalanannya, bangunan ini kemudian menjadi sebua museum hingga mendapat pengkuhan dari lembaga PBB UNESCO sebagai warisan dunia

via Intisaroi.grid.id
Didirikan untuk Gereja, Bangunan Megah Hagia Sophia Dijadikan Masjid, Reaksi Dunia Kutuk Turki 

Didirikan untuk Gereja, Bangunan Megah Hagia Sophia Dijadikan Masjid, Reaksi Dunia Kutuk Turki

POS KUPANG.COM -- Sebuah bangunan megah di Turki, Hagia Sophia dibangun untuk dijadikan gereja guna menampung umat nasrani misa dan beribadah

Dalam perjalanannya, bangunan ini kemudian menjadi sebua museum hingga mendapat pengkuhan dari lembaga PBB UNESCO sebagai warisan dunia

Kini bangunan tersebut oleh pemerintah mesir dijadikan Masjid. Sejumlah negara pun protes hingga mengutuk Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang mengbah bangunan tersebut menjadi masjid.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan ikon kota Istanbul, Hagia Sophia terbuka untuk ibadat umat muslim setelah pengadilan tinggi Turki memutuskan bahwa konversi bangunan menjadi museum oleh negarawan pendiri Turki modern adalah ilegal.

Erdogan membuat pengumuman, Jumat (10/7), hanya satu jam setelah putusan pengadilan dijatuhkan, meskipun ada peringatan internasional untuk tidak mengubah status Hagia Sophia, monumen berusia hampir 1.500 tahun yang dipuja oleh umat kristiani dan muslim tersebut.

"Keputusan itu diambil untuk menyerahkan pengelolaan Masjid Ayasofya ... kepada Direktorat Urusan Agama dan membukanya untuk ibadah," demikian keputusan yang ditandatangani Erdogan seperti dilansir Al Jazeera.

Andrea Dian Pernah Rasakan Ganasnya Corona, Kini Makin Mesra dengan Suami Hingga Program Bayi Tabung

Ilmuan China Bongkar Borok Negaranya Setelah Lari ke Amerika, Ungkap Rahasia Sebenarnya Virus Corona

Abudul Somad Beri Penilaian Baim Wong Soal Konten Bagi-bagi Uang, Sebelumnya Denny Darko Ungkap ini

Cita Citata Tertimpa Hukum Karma, Aibnya Terbongkar hingga Ditinggal Calon Suami yang Mualaf

Via Vallen Dikritik Pedas Habis-habisan Gegara Blackpink, Natizen Sebut Bisanya Cover Lagu Orang

Hagia Sophia, situs warisan dunia UNESCO di Istanbul tersebut menjadi magnet bagi wisatawan di seluruh dunia. Pertama kali dibangun sebagai katedral di era Kekaisaran Bizantium Kristen, tetapi diubah menjadi masjid setelah penaklukan Ottoman atas Konstantinopel pada tahun 1453.

Hagia Sophia
Hagia Sophia (via Kontan.co.id)

Putusan pengadilan Turki segera diikuti oleh Erdogan dengan mengumumkan bahwa Hagia Sophia akan dibuka kembali untuk ibadat umat muslim.

Dewan Negara, pengadilan administratif tertinggi di Turki, dengan suara bulat membatalkan keputusan kabinet tahun 1934 dan mengatakan Hagia Sophia terdaftar sebagai masjid dalam perbuatan propertinya.

Halaman
1234
Editor: Alfred Dama
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved