Seminari ST. Yohanes Berkhmans Todabelu Gelar Temu Kangen Bersama Orangtua Murid Se - Daratan Timor

Seminari ST. Yohanes Berkhmans Todabelu Gelar Temu Kangen Bersama Orangtua Murid Se - Daratan Timor

istimewa
Seminari ST. Yohanes Berkhmans Todabelu Gelar Temu Kangen Bersama Orangtua Murid Se - Daratan Timor 

POS-KUPANG.COM - Seminari ST. Yohanes Berkhmans Todabelu Gelar Temu Kangen Bersama Orangtua Murid Se - Daratan Timor

Seminari ST.Yohanes Berkhmans Todabelu Mataloko mengadakan temu kangen bersama para orangtua se-daratan timor dan juga dengan para siswa yang tersebar di setiap pelosok pulau Timor Sabtu 11 Juli 2020 di  Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui. Temu kangen ini tentunya punya tujuan yang sangat mulia ditengah pandemi covid-19 saat ini.

Romo Isto Dua, Pr mewakili komunitas dan keluarga besar ST.Yohanes Berkhmans Todabelu Mataloko yang ditemui Sabtu 11 Juli 2020 mengungkapkan rasa harunya saat berjumpa kembali dengan siswanya beserta orangtua yang memang selama 4 bulan terakhir  tak dijumpai. Menurutnya kegiatan ini sangat berarti ditengah kondisi Covid-19 yang tentunya memaksa setiap individo maupun kelompok termasuk Seminari Mataloko untuk menyesuiakan diri secara cerdas.

Seminari Mataloko goes to Timor 1
Seminari Mataloko Goes to Timor  (istimewa)

''Sudah 4 bulan kami melapas anak anak ke orangtua. Ini sudah hampir masuk tahun ajaran baru dan kami diutus untuk menyapa dan mengunjungi anak kami dan orang tua sembarai membicarakan satu dan dua hal di masa new normal. Sekedar sharing baik dari kami maupun dari orangtua. Dan dari sharing itu kami coba temukan pola pembinaan yang baru. Ada kesan kesulitan dari orangtua terutama fungsi kontrol dan pembinaan,'' ujarnya.

Ada beberapa point penting yang akan disampaikan dalam temu kangen ini. Yang pertama adalah kebijakan. Kebijakan ini bukan hanya saja mengenai kebijakan sekolah tetapi juga kebijakan-kebijakan mengenai pola pendampingan, sarana prasarana, penekanan model pembelajaran pada anak-anak didik dan juga mengenai etika digital. Menurut Romo Isto khusus untuk etika digital yaitu bukan hanya saja menggunakan aplikasi-aplikasi digital terbaru yang membantu proses pembelajaran dan pembinaan tetapi juga lebih pada jiwa seminaris dimana anak-anak bisa mengendalikan diri menggunakan teknologi baru ini. 

Seminari Mataloko Goes To Timor 2
Seminari Mataloko Goes to Timor  (istimewa)

Era new normal berkaitan dengan Pandemi Covid-19 ini menurut romo Isto juga sangat mempengaruhi pembelajaran di Seminari Mataloko. Ia memaparkan saat terjadi pandemi pihak seminari mataloko dilanda kepanikan disusul juga dengan kebijakan menteri dengan ditiadakannya ujian dan juga kebijakan pemerintah daerah dan juga himbauan Keuskupan untuk segera karantina dan proses belajar mengajar ditiadakan.

Berkat kerjasama yang baik antara pihak semenari, pemerintah daerah dan juga orangtua semua anak-anak berhasil dipulangkan ke rumah masing-masing  dengan kondisi yang sehat. Ia juga mengatakan banyak kendala yang dialami. Salah satunya adalah penyesuaian untuk menggunakan aplikasi belajar mengajar berbasis teknologi.

Seminari Mataloko Goes To Timor 3
Seminari Mataloko Goes to Timor  (istimewa)

''  Para guru dan romo senior harus menggunakan aplikasi di handphone masing-masing yang memang jarang digunakan bahkan tidak pernah digunakan. Tapi semangat mereka belajar untuk anak-anak sangat luar biasa. Mereka juga bilang kalau kami para orangtua sudah belajar anak-anak muda harus lebih semangat lagi. Kami juga terkendala dalam fungsi kontrol dimana kita tahu anak-anak ini tersebar di berabagi tempat. Tapi kami selalu memantau lewat group whatsapp orangtua per daerah disana banyak orangtua yang merespon dengan menceritakan aktivitas anak mereka selama di rumah,'' tuturnya.

Untuk memperlancar proses pembelajaran online pihak Seminari Mataloko menerapkan blanded learning yaitu dua model pembelajaran yang digabung menjadi satu. Model pembelajaran ini adalah Daring dan During dimana anak-anak berinteraksi dengan para pengajar melalui online atau virtual dan mengerjakan tugas-tugas mereka di rumah. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk persiapan pihak seminari menyesuaikan diri disaat pandemi Covid-19.

Seminari Mataloko Goes To Timor 4
Seminari Mataloko Goes to Timor  (istimewa)

Selain tugas untuk tiap mata pelajaran, para siswa seminari juga diberikan tugas untuk membantu paroki masing-masing. '' Harapan kami anak-anak kami tetap menjadi seorang seminari dan harus mampu membawa diri dan membantu gereja. Beberapa mata pelajaran disatukan dan itu merupakan proyek untuk anak-anak kita seminari yang pulang ke rumah orangtuanya. Apa yang mereka buat untuk paroki mereka dan juga apa yang bisa dilakukan untuk membantu umat dan semua dibuat dalam berita acara resmi,'' lanjutnya.

Salah satu orangtua siswa yaitu Rosalinda Uta juga mengungkapkan kebahagiaannya dalam pertemuan orangtua se-daratan timor ini. Menurutnya kegiatan ini sangat luar biasa mengingat sudah berbulan-bulan anak mereka dipulangkan dan memulai pembelajaran dari rumah. Ia juga sangat mendukung kegiatan yang diinisasi oleh pihak Seminari Mataloko ini.

Seminari Mataloko Goes To Timor 5
Seminari Mataloko Goes to Timor 5 (istimewa)

'' Yang hadir hari ini dari Sabu, Atambua, Kefa Niki-niki dan Camplong. Saya sebagai orangtua tetap merasa kurang jika anak saya itu belajar hanya dari rumah saja dan secara virtual  tatap muka bagi saya adalah model pembelajaran yang lebih baik karena bukan hanya pengetahuan yang diperoleh tetapi juga aspek sikap dan lain-lain bisa di kembangkan. Kami sangat senang pihak Seminari mau datang dan bertemu kami di sini,'' ungkapnya.

Seminari Mataloko Goes To Timor 6
Seminari Mataloko Goes to Timor 6 (istimewa)

Kegiatan ini berlangsung selama 1 hari dan tampak banyak orangtua yang hadir bersama anak mereka. Selama kegiatan juga banyak sekali masukan yang diberikan pihak orangtua kepada pihak Seminari Mataloko. Pertemuan ini juga dibagi menjadi dua bagian yaitu sesi orangtua dan sesi anak-anak. (*)

Penulis: Maria Enotoda
Editor: maria anitoda
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved