Breaking News:

Ben Tarigan Ajak Semua Unsur Bergabung dalam Webinar ETIKA

Inovator Teknologi Penerapan FAN, Ben Vasco Tarigan, mengajak semua unsur untuk bergabung dalam Webinar ETIKA besok melalui aplikasi Zoom

POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Konferensi pers yang dilakukan bersama Forum Academia NTT (FAN), David Kenanbudi selaku perwakilan Aksi ETIKA 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Inovator Teknologi Penerapan FAN, Ben Vasco Tarigan, mengajak semua unsur untuk bergabung dalam Webinar ETIKA besok melalui aplikasi Zoom.

Ben ketika dihubungi POS-KUPANG.COM Jumat (10/7/2020), menyampaikan dirinya akan mengupas terkait alat bantu teknologi yang membantu proses q-PCR pooled tes ini.

Alat teknologi atau inovasi untuk membantu Nakes agar aman, terjaga dari infeksi virus. Ben bersama mahasiswa juga mendesain agar menghindari keramaian maka pengambilan swab bisa menggunakan mobil swab.

Tim Gerakan Kupang Hijau Tidak Dibiayai oleh APBD

Kemudian ada alat bantu lain untuk Nakes jika yang mengambil swab masuk hingga ke lorong-lorong.

Alat ini menolong tenaga kesehatan sehingga proses Pooled Test ini berjalan cepat.

Sampai saat ini, kata Ben, untuk material Pooled Test ada di Kupang, jadi bisa dibuat oleh siapa saja.

Gandeng Pendeta GMIT di TTU, Compasion Indonesia Sumbang APD di Puskesmas Sasi

"Masalah pendanaan karena ini kegiatan pemerintah, kita hanya memberi ide jadi segala hal berkaitan dengan keuangan di provinsi. Tapi tidak menutup kemungkinan bagi masyarakat yang ingin berpatisipasi bisa langsung menghubungi forum akademia," tuturnya.

Untuk NTT, Pooled Test ini belum ada sama sekali. Bila boleh dibilang waktu forum mengeluarkan ide ini mungkin rentang waktu d engan jawa barat tidak jauh beda tapi mereka duluan eksekusi dibanding NTT.

"Cara berpikirnya sama, tapi eksekusi lebih lambat. Daerah lain sudah melakukan swab menggunakan mobil, kita belum. Kita harapkan ini sangat cepat, supaya kita bisa mengetahui, kalau sudah sarat maka gunakan metode ini agak repot," tuturnya.

Diharapkan q-Pooled Test bisa berjalan. Bila ini berjalan maka seluruh inovasi bisa dibuat, sehingga kita bisa menunjukkan ke luar NTT bisa melakukan sesuatu. (Laporam Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved