Amin Rais Ingatkan Presiden Jokowi: ”Carilah Menteri Berjiwa Kerakyatan Saat Mereshuffle Kabinet”

"Kalau mau reshuffle, tolong cari orang-orang apalagi dari parpol, dari kalangan swasta, dan kalangan kampusyang memang punya warat kerakyatan."

Kompas.com/ Tahta Aidilla/Republika
Presiden Jokowi berjabatan tangan dengan Mantan Ketua MPR RI, Amin Rais yang juga Pendiri Partai Amanat Nasional, PAN. 

Amin Rais Ingatkan Presiden Jokowi: ”Carilah Menteri Berjiwa Kerakyatan Saat Mereshuffle Kabinet”

POS-KUPANG.COM, JAKARTA – Sesepuh PAN, Partai Amanat Nasional, Amien Rais mengingatkan Presiden Jokowi perihal reshuffle cabinet yang telah diwacanakan belakangan ini.

Ia menilai, saat ini menteri-menteri yang duduk di Kabinet Indonesia Kerja, kurang memahami kondisi masyarakat pada masa pandemic virus corona atau Covid-19.

Amin Rais mengusulkan agar Presiden Joko Widodo mempertimbangkan aspek kerakyatan jika akan me- reshuffle kabinetnya nanti.

"Saya melihat kelemahan dari kabinet Pak Jokowi yang sekarang ini, memang banyak menteri-menteri itu yang saya kira tidak begitu paham dengan kehidupan rakyat yang kembang kempis, yang betul-betul kehidupannya itu sangat berat," kata Amien dalam wawancara di akun Instagram @amienraisoffical, Jumat (3/7/2020).

Amien Rais mengatakan, kehidupan masyarakat semakin sulit, bahkan untuk meminjam uang ke tetangga pun tidak bisa.

5 Zodiak Ini Meraih Jutaan, Gemini Anda Beruntung, Scorpio Telepon Sekarang, Leo Ikuti Nalurimu!

Ternyata, Megawati Soekarnoputi Pernah Minta Presiden Jokowi Segera Ganti Mahfud MD dan Maruf Amin

Anda Ingin Tahu Jumlah Harta Kekayaan Ahok Yang Kini Jadi Komisaris Utama Pertamina? Hanya Di Sini!

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Youtube/kompas tv)

Ia pun mempertanyakan apakah kondisi masyarakat di tengah pandemi ini tidak terpantau oleh menteri-menteri kabinet kerja.

"Nah, apakah ini tidak terpantau? Karena sepertinya masih santai. Pak Jokowi marah dan jengkel mengatakan tidak punya sense of crisis, bagaimana kita ini tidak ada perasaan, segala macamnya. Dia sendiri kan selama ini tidak begitu punya sense of crisis juga," ujarnya.

Berdasarkan hal itu, Amien mengatakan, jika Presiden Jokowi harus melakukan reshuffle, ia menyarankan calon-calon menteri yang dipilih memiliki watak kerakyatan yang mendalam.

"Tapi, kalau mau reshuffle, tolong dicari orang-orang apalagi dari parpol, dari kalangan swasta, dan kalangan kampus. Tapi, yang kira-kira memang punya watak kerakyatan yang mendalam," ucapnya.

"Posisinya itu bukan untuk memperkaya diri seperti para pengusaha itu, yang sudah salah kaprah itu, tapi betul-betul tipe orang yang people oriented," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Amien Rais Sarankan Jokowi Pilih Menteri Berwatak Kerakyatan apabila Ingin Reshuffle Kabinet", https://nasional.kompas.com/read/2020/07/04/15490471/amien-rais-sarankan-jokowi-pilih-menteri-berwatak-kerakyatan-apabila-ingin

Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved