Ulah Empat Desa, Camat Fatukopa Dinonaktifkan Sementara

Camat Fatukopa, Altaban Nenabu dinonaktifkan Bupati TTS, Egusem Piether Tahun menyusul kinerja buruk empat desa di kecamatan Fatukopa yai

POS-KUPANG.COM/Dion Kota
Bupati TTS, Egusem Piether Tahun 

Laporan Reporter Pos-Kupang.Com, Dion Kota

POS-KUPANG. COM | SOE - Camat Fatukopa, Altaban Nenabu dinonaktifkan Bupati TTS, Egusem Piether Tahun menyusul kinerja buruk empat desa di kecamatan Fatukopa yaitu Desa Fatukopa, Besnam, Taebone dan Nunfutu yang belum menyelesaikan SPJ Dana Desa tahun 2019 lalu.

Karena dinilai gagal mendorong melakukan percepatan penyelesaian SPJ dana desa, Altaban dicopot sementara dari jabatannya.

" Camat Fatukopa kita nonjobkan sementara. Kita sudah BAP dan tarik sementara yang bersangkutan ke Satpol PP. Sudah dua minggu kita minta untuk percepatan penyelesaian SPJ dan usulan nama Penjabat desa tapi belum dikasih," ungkap Bupati Tahun.

Ketika ditanyakan kenapa bukan kepala desa selaku pengguna anggaran dana desa yang dinonjobkan, Bupati Tahun menyebut penonaktifan sementara akan dilakukan secara berjenjang. Pasca camat definitif dinonaktifkan sementara, dirinya akan menunjuk PLT camat untuk mengusulkan nama-nama penjabat desa untuk desa-desa yang belum menyelesaikan SPJ tahun 2019.

" Nanti setelah kita tunjuk PLT camat Fatukopa baru dia yang usulkan nama penjabat desanya. Sesuai mekanisme nama penjabat desa diusulkan camat," jelasnya.

Hingga saat ini lanjut Bupati Tahun, dari 266 desa di Kabupaten TTS tersisa 6 desa yang belum menyelesaikan SPJ-nya. 4 desa di kecamatan Fatukopa dan dua desa lainnya yaitu Mnelapetu dan Tuapakas. Ia mengaku, sudah meminta inspektorat untuk melakukan audit khusus terhadap enam desa tersebut. Namun karena keterbatasan personil, baru beberapa desa yang sementara diaudit inspektorat.

" Kita akan audit khusus enam desa ini. Jika ada temuan maka kita dorong untuk segera dikembalikan jika tidak kita limpahkan kepada aparat penegak hukum," tegasnya.

Camat Fatukopa, Altaban Nenabu yang hendak dikonfirmasi POS-KUPANG.COM, Selasa (30/6/2020) melalui sambungan telepon terkait penonaktifan sementara dirinya belum berhasil dihubungi. Panggilan telepon dari POS-KUPANG. COM belum dijawab. Pesan WhatsApp pun belum dibalas.

Diberitakan sebelumnya, Diberitakan sebelumnya, Bupati Tahun menonjobkan tiga kepala desa yaitu, Kades Olais, Josepus Nufeto, Kades Pene Utara, Yoni Nenobata dan Kades Loli, Irene Alunat. Usai menonaktifkan tiga kades tersebut, Jumat (5/6/2020) bertempat di kantor Desa Boentuka, Kecamatan Batu Putih, Bupati Tahun melantik tiga penjabat kepala desa untuk tiga desa tersebut.

Berhubungan 48 Jam Pengantin Baru Tewas, Pengakuan Suami Lakukan Hal Sadis, Mesum Maraton, Info

Kepada tiga penjabat desa yang dilantik, Bupati Tahun meminta untuk segera mengurus pencarian dana desa guna membayarkan BLT kepada masyarakat. Pasalnya saat ini pemerintah pusat mendorong pemerintah daerah untuk segera mencairkan BLT dana desa. (din)

Terlalu Bernafsu Cium Istri Saat Malam Pertama, Begini Nasib Pengantin Baru, Tewas Mengenaskan

Penulis: Dion Kota
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved