Breaking News:

News

Markus Windi Lantik Pengurus GMKI Waingapu Minta Sikapi Serius Isu Kawin Tangkap di Sumba, Mengapa?

Pelantikan dan pengesahan GMKI dipimpin Pengurus Pusat (PP) GMKI yang dimandatkan kepada Markus K Windi, S.Pi, M.Si selaku salah satu senior Members

POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Suasana pelantikan dan pengambilan sumpah BPC GMKI Waingapu masa bhakti 2020-- 2022, Sabtu (20/6/2020) 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Com, Oby Lewanmeru

POS KUPANG, COM, WAINGAPU -Badan Pengurus Cabang (BPC) Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Waingapu, Sumba Timur, periode 2020-2022 resmi dilantik di Gedung Ibadah GKS Jemaat Payeti Cabang Praiwora, Sabtu (20/6). Salah satu tugas GMKI ke depan adalah menyikapi serius isu kawin tangkap di Sumba yang kini sedang viral di media sosial.

Pelantikan dan pengesahan GMKI dipimpin Pengurus Pusat (PP) GMKI yang dimandatkan kepada Markus K Windi, S.Pi, M.Si selaku salah satu senior Members GMKI (asal Cabang Kupang).

Markus Windi melantik pengurus cabang GMKI Waingapu ini sesuai surat tugas PP GMKI 2018-2020 No: 360558/SU/INT/T/VI/2020, tanggal 20 Juni 2020. Surat ini ditandatangani Ketum PP GMKI, Korneles Galanjinjinay, dan Sekum, David VH Sitorus.

Selaku penerima mandat, Markus memberikan beberapa catatan kepada BPC yang baru dilantik dan kepada seluruh anggota GMKI Waingapu.

"GMKI secara kelembagaan harus mampu berkolaborasi dalam menyikapi serius berbagai pergumulan dewasa ini, antara lain tradisi kawin tangkap di Pulau Sumba sebagaimana disampaikan oleh pelayan firman," pesan Markus.

Isu tersebut, diakui Markus, juga menjadi pembahasan alot dalam persidangan seksi ketika Sidang Raya PGI di Pulau Sumba beberapa waktu lalu.

"Bagaimana sikap akhir gereja saat itu, saya kurang ikuti. Dalam menyikapi ini tentunya menjadi peran GMKI untuk menelusuri dan menyikapinya. Di lain pihak, sebagai seorang senior members, maka dalam diri saya melekat sebagai seorang ASN/melekat dalam diri saya sebagai unsur pemerintah yang ada di daerah," kata Markus.

Oleh karena itu, lanjutnya, secara pribadi sebagai seorang senior members saya mengimbau agar kehadiran GMKI di tengah mahasiswa dan masyarakat agar selalu mengedepankan Tri Panji GMKI "Tinggi Iman, Tinggi Ilmu dan Tinggi Pengabdian". GMKI silakan memberikan kontribusi pemikiran kepada ketiga medan layan GMKI (Gereja, Perguruan Tinggi dan Masyarakat).

"Silakan saudara-saudari mengkritisi kebijakan pemerintah daerah, tetapi harus mendasar dan melalui komunikasi langsung dengan pemerintah daerah. Bukan hanya melakukan kritikan di luar tanpa dikomunikasikan tetapi silakan kritikan-kritikan tersebut dikaji, dicerna dan didasari pertimbangan yang konstruktif serta langsung dikomunikasikan dengan pemerintah daerah," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Benny Dasman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved