Breaking News:

News

Anda Cemas Menghadapi Covid-19, Kenali Gejala-gelaja Palsu Mirip Orang Positif, Ini Tanda-tandanya

Kecemasan yang berlebihan bisa mempengaruhi daya tahan tubuh. Tubuh yang semula baik-baik saja menjadi lebih rentan masuknya virus, termasuk corona

Editor: Benny Dasman
Ilustrasi Tribunnews
Demam jadi salah satu gejala positiv virus corona 

POS KUPANG, COM, JAKARTA - Pandemi corona atau Covid-19 membuat banyak orang was-was, cemas, khawatir jika terjangkit corona.

Kecemasan yang berlebihan bisa mempengaruhi daya tahan tubuh. Tubuh yang semula baik-baik saja menjadi lebih rentan masuknya virus, termasuk corona atau Covid-19, padahal sangat mungkin itu adalah gejala palsu.

Dokter dari Divisi Psikosomatik dan Paliatif Departemen Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Rudi Putranto, Minggu (21/6) mengatakan, masyarakat ada baiknya mengetahui gejala-gejala palsu atas Covid-19.

Menurutnya, gejala palsu Covid-19 akibat kecemasan berlebihan terhadap virus Corona. Badan menjadi terasa demam, panas, hingga gampang lelah. Kata dia, bisa jadi itu semua adalah gejala palsu Covid-19.

Gejala palsu ini disebut psikosomatik, yakni kecemasan berlebih atas virus corona. Gejala ini mirip dengan gejala orang yang positif Covid-19.

Padahal, kecemasan seseorang bisa hilang dengan sendirinya jika orang tersebut menenangkan diri dan merelaksasi tubuhnya.

Gangguan psikosomatik akibat Covid-19 bisa terjadi apabila seseorang terlalu banyak menerima informasi negatif dan menjadi cemas berlebihan.

Rudi mengatakan, otak manusia lebih mudah menerima dan menyimpan hal-hal negatif ketimbang hal-hal positif.

"Pada waktu kita mendapat informasi maka otak akan mengolah informasi tersebut. Informasi itu akan menstimulasi hormon stres dan hormon yang lain dan akan merangsang ke organ tubuh," jelas Rudi.

Hormon stres kemudian bisa merangsang organ tubuh lain seperti jantung yang berdetak lebih cepat, paru-paru yang menjadi sesak, perut yang sakit, cepat lelah, hingga merasakan demam padahal suhu tubuh normal.

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved