Breaking News:

Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Nagekeo Adakan Rapat, Ini yang Dibahas!

Jubir posko Covid-19 Nagekeo, Silvester Teda menjelaskan, ada dua agenda pokok, yakni evaluasi kerja dan kinerja masing-masing bidang dalam Tim Gugus

Penulis: Gordi Donofan | Editor: Ferry Ndoen
istimewa
Suasana rapat tim gugus tugas Covid-19 Nagekeo di aula Setda Nagekeo, Senin (8/6/2020). 

POS-KUPANG.COM | MBAY --Tim gugus tugas percepatan pencegahan Covid-19 Nagekeo telah melaksanakan rapat bersama.

Jubir posko Covid-19 Nagekeo, Silvester Teda menjelaskan, ada dua agenda pokok, yakni evaluasi kerja dan kinerja masing-masing bidang dalam Tim Gugus Tugas dan persiapan protokol kesehatan Covid-19 memasuki era kebiasaan baru "New Normal".

Silvester mengatakan ada beberapa hal yang diperoleh dalam rapat ini yaitu pertama tim Gugus Tugas melalui bidang-bidang tugas, sudah memberikan laporan dan evaluasi yang pada intinya bahwa tim terus berupaya memberi dukungan pada percepatan pencegahan covid-19 di Nagekeo.

Silvester mengatakan tim terus bekerja hingga waktu yang belum ditentukan selama pandemi covid-19 masih menjadi bencana nasional non-alam.

"Hasil catatan dan evaluasi teknis dari masing-masing bidang selanjutnya dirangkum menjadi bahan pertimbangan dan kajian selanjutnya dalam setiap pengambilan keputusan oleh tim gugus tugas melalui sekretariat pada Badan Penanggulangan Bencana Darah Kabupaten Nagekeo," jelas Silvester Senin (8/6/2020) malam.

Kedua kata dia yaitu, masing-masing instansi, satuan kerja Perangkat Daerah, sesuai tugas pokok dan fungsinya, sudah menyampaikan beberapa informasi protokol kesehatan covid-19 sebagaimana diamanatkan oleh masing-masing kementerian lembaga terkait di tingkat pusat.

Ia mengatakan protokol kesehatan yang dibahas dan selanjutnya menjadi pedoman tetap di daerah Kabupaten Nagekeo selama masa Covid-19 di antaranya yakni protokol ibadah, pendidikan, perdagangan/pasar, objek wisata dan tempat rekreasi, pelayanan jenazah, pelayanan perkantoran baik pemerintah maupun swasta, layanan umum perbankan dan koperasi, pelayanan transportasi kepelabuhanan dan terminal, dan layanan administrasi kependudukan.

"Yang juga masih harus didalami adalah protokol kesehatan bidang kebudayaan dan tata adat istiadat seperti ritual dan upacara-upacara adat yang melibatkan banyak orang," jelasnya.

Ia mengatakan draft protokol kesehatan sektoral ini, disampaikan dalam forum rapat, yang selanjutnya ditetapkan menjadi protokol kesehatan melalui keputusan ketua tim gugus tugas percepatan pencegahan covid-19 Kabupaten Nagekeo.

"Hal yang sangat menonjol dalam rapat ini adalah upaya bersama untuk tidak saja menjaga diri dari serangan virus corona, tapi lebih dari itu, bagaimana bisa hidup sehat di tengah wabah penyakit apa pun termasuk covid-19," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved