BREAKING NEWS: Gempa Tektonik Magnitudo 4,7 Guncang Ende dan Sikka, Begini Dampaknya

Gempa tektonik magnitudo 4,7 mengguncang wilayah Kabupaten Ende dan Kabupaten Sikka sekitar pukul 21.00 Wita, Senin (8/6/2020).

Penulis: Laus Markus Goti | Editor: Agustinus Sape
Net
NTT 

BREAKING NEWS: Gempa Tektonik Magnitudo 4,7 Guncang Ende dan Sikka, Begini Dampaknya

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti

POS-KUPANG.COM | ENDE - Gempa tektonik magnitudo 4,7 mengguncang wilayah Kabupaten Ende dan Kabupaten Sikka sekitar pukul 21.00 Wita, Senin (8/6/2020). Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Menurut siaran pers yang dikeluarkan oleh Robert Owen, Kepala Stasiun Geofisika Kampung Baru - Kupang menyebutkan, episenter gempa terletak pada koordinat 9.34 LS dan 123.18 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 102 km Barat Daya Lembata dengan kedalaman 67 km.

Dijelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi dangkal ini terjadi akibat aktivitas subduksi.

Dia katakan, guncangan dirasakan di wilayah Kabupaten Ende III MMI dan Kabupaten Sikka II-III MMI.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami," ungkapnya.

Dijelaskannya, hingga pukul 22.20 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ungkapnya.

Dia menambahkan, warga perlu memastikan, informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg).*

Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved