Ini Aksi ETIKA Bagi Tenaga Medis Hadapi Pandemi Covid-19

Di tengah situasi pandemi Covid-19, tubuh diharuskan tetap sehat agar tak gampang tertular virus tersebut

POS-KUPANG.COM/Intan Nuka
ETIKA memberikan bantuan buah jeruk sebagai sumber vitamin bagi paramedis di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang, Selasa (1/6/2020) 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Di tengah situasi pandemi Covid-19, tubuh diharuskan tetap sehat agar tak gampang tertular virus tersebut. Berbagai usaha telah dilakukan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, semisal mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga teratur, serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Mengonsumsi buah-buahan sumber vitamin juga disarankan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Atas pertimbangan tersebut dan bentuk kepedulian atas perjuangan paramedis sebagai pertahanan terakhir melawan Covid-19, Aksi Etnis Tionghoa Kupang ( ETIKA) pun kembali memberikan semangat dengan menyumbangkan buah jeruk sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh paramedis saat bertugas. Dua buah keranjang penuh buah jeruk asal So'E tersebut dibagikan di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes.

Hanura TTU Salurkan Bantuan Sembako untuk Warga

Pantauan POS-KUPANG.COM, Selasa (1/6/2020) pagi, para anggota Aksi ETIKA mengenakan masker berwarna merah putih. Sembari memegang bunga plastik, para ibu anggota aksi terlihat bersemangat memasuki halaman RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes. Seorang anggota Aksi ETIKA, David Kenenbudi, mulai membacakan sebuah puisi yang menghanyutkan suasana.

"...ada banyak waktu yang terjeda...hanya karna dia yang tak kasat mata... Dia datang melumpuhkan semuanya..." David mulai membaca perlahan. Empat petugas medis yang hadir terlihat tak mampu menahan haru dengan puisi yang dibawakan David.

UPDATE Corona di Manggarai: Masih 17 OTG

"Pulihkan jagat pertiwi, kami percayakan kepada paramedis," ucapnya mengakhiri puisi tersebut. Tepuk tangan riuh diberikan.

Theo Widodo menegaskan, Aksi ETIKA akan terus memberikan dukungan bagi paramedis yang tak pernah lelah berperang melawan virus tak kelihatan itu. "Jeruk ini dari So'E. Kita semua tahu bahwa vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh di situasi seperti ini. Vitamin C dibutuhkan juga untuk meningkatkan imunitas tubuh. Pasukan tempur kita yakni paramedis ini harus tetap sehat dan kuat agar bisa menang melawan virus yang jahat ini," katanya lantang.

Ia pun melanjutkan, bahwa apa yang telah dilakukan oleh Aksi ETIKA ini juga sebagai bentuk gambaran kepada masyarakat bahwa buah dan sayur dapat ditemukan dengan mudah. Mengonsumsi jeruk ini juga turut membantu sesama saudara pelaku usaha kecil.

"ETIKA ini betul-betul konsisten dan kekeuh mendukung kami dari semua lini," ungkap dr Yusi Kusumawardhani selaku Wakil Direktur Penunjang Pelayanan RSUD. Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang. Tak mampu menyembunyikan rasa haru atas bantuan Aksi ETIKA yang tiada henti, dr Yusi terus menerus mengucapkan terima kasih.

Ia menjelaskan, berbagai sumbangan yang diberikan memang sangat dibutuhkan oleh paramedis. Beban kerja yang tinggi dengan jam kerja yang semakin banyak tentu membuat tubuh lelah. Oleh karena itu, dibutuhkan bantuan daya tahan tubuh yang sangat banyak. "Bantuan dari ETIKA ini sangat membantu kami, bukan hanya dari jumlah buahnya, tapi rasa diperhatikan dan disayangi membangkitkan endorfin, yakni salah satu zat yang dipakai tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh," terangnya.

Paramedis pun terlihat bahagia menerima bantuan. Mereka berfoto dengan bunga dan buah yang diberikan oleh Aksi ETIKA. "Terharu ya. Kami merasa didukung itu sesuatu skali. Karena selama ini juga kadang ada yang bully. Tapi dengan bantuan ini kami tahu bahwa tidak semua orang tidak menyukai kami. Banyak juga yang dukung kami. Terima kasih ETIKA," kata Thres, salah seorang petugas medis yang hadir dalam penyerahan bantuan. Sehari-hari Thres bertangggungjawab mengurusi aktivitas Rawat Jalan di rumah sakit rujukan Covid-19 tersebut.

Selain rumah sakit rujukan, bantuan yang sama juga diberikan oleh Aksi ETIKA di tiga rumah sakit penyanggah Covid-19 di Kota Kupang, yakni RSUD S. K. Lerik, RST Wirasakti, dan RSB Titus Ully. Aksi ETIKA berkomitmen akan terus memberikan dukungan bagi paramedis selama masa Covid-19. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Intan Nuka)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved