Ini Tekad Presiden Jokowi di Tengah Pandemi Covid-19

Mau tahu apa tekad Presiden Joko Widodo ( Jokowi) di tengah pandemi Covid-19?

KOMPAS.com/ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (26/2/2020). 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) mengatakan saat ini Indonesia bersama ratusan negara tengah berjuang dan berlomba melewati masa sulit akibat pandemi Covid-19.

Menurut Jokowi, tiap negara kini berusaha menjadi pemenang dalam pengendalian virus corona dan pemulihan ekonomi. Ia pun mengajak seluruh elemen bangsa agar bekerja keras memenangkan perlombaan itu.

Selain Jawa Timur, Ini Empat Provinsi yang Alami Kenaikan Pasien Positif Covid-19, Simak Info

"Kita harus menyadari bahwa tiap negara tengah berlomba untuk jadi pemenang. Menjadi pemenang dalam pengendalian virus maupun pemulihan ekonomi. Sebagai bangsa besar, kita juga harus tampil sebagai pemenang," kata Jokowi dalam pidato peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar secara virtual, Senin (1/6/2020).

Jokowi menyatakan diperlukan optimisme bahwa Indonesia mampu menciptakan peluang di tengah kesulitan. Dia mengatakan, pandemi Covid-19 bukan alasan untuk berhenti berkreasi, berinovasi dan berprestasi.

Diatur Dalam SE Kementerian Perdagangan, Ini yang Harus Digunakan Pedagang Pasar Cegah Covid-19

"Kita harus optimistis, kita harus mampu menciptakan peluang di tengah kesulitan. Kita harus menjawab semua itu dengan inovasi dan karya nyata. Kita tidak boleh berhenti berkreasi, berinovasi, dan berprestasi di tengah pandemi Covid-19 ini," ucapnya.

Jokowi yakin Indonesia merupakan bangsa yang kuat dalam menghadapi berbagai kesulitan dan tantangan. Jokowi menilai masa-masa sulit ini justru akan memperat kekokohan bangsa.

"Mari kita tunjukan bahwa kita bangsa yang kuat. Tidak hanya mampu menghadapi tantangan, tapi bangsa yang memanfaatkan kesulitan menjadi sebuah lompatan kemajuan," tuturnya.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila digelar secara virtual. Para pejabat negara hadir dari tempat berbeda.

Upacara didahului pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo, lalu Ketua DPR Puan Maharani yang membacakan teks UUD 1945.

Kemudian dilanjutkan amanat Presiden Joko Widodo, sambutan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy serta pembacaan doa.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini digelar dalam durasi tak lebih dari 30 menit. (Kompass.com/Tsarina Maharani)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi: Kita Harus Jadi Pemenang, Kendalikan Virus dan Pulihkan Ekonomi",

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved