Hi Guys ! Jangan Lontarkan Satu Pertanyaan Ini Kepada Para Jomblo, Begini Akibatnya

kali muncul 'kapan nikah' sering kali terlontarkan oleh para keluarga ketika sedang berkumpil lebaran.

Tribun Bali - Tribunnews.com
pernikahan unik 

Hi Guys ! Jangan Lontarkan Satu Pertanyaan Ini Kepada Para Jomblo, Begini Akibatnya 

POS-KUPANG.COM--Hi Guys ! Jangan Lontarkan Satu Pertanyaan Ini Kepada Para Jomblo, Begini Akibatnya 

Momen lebaran biasanya kerap kali menjadi moment yang juga ditakuti oleh para jomblo nih, sebab pertanyaan yang sering kali muncul 'kapan nikah' sering kali terlontarkan oleh para keluarga ketika sedang berkumpil lebaran.

Nah pertanyaan yang menyeramkan bagi sebagian jomblo ini ternyata bisa membuat psikologi tidak nyaman loh.

Dosen prodi psikologi IAIN SAS Babel, Wahyu Kurniawan mengatakan, disadari atau tidak semakin banyak lingkaran pertemanan yang telah menikah, pada situasi-situasi tertentu yang biasanya ramai dengan keluarga atau teman di saat lebaran tak jarang orang-orang akan sering mendapatkan pertanyaan kapan menikah, pertanyaan semacam ini sebetulnya adalah pertanyaan yang sifatnya privasi.

"Walaupun secara umum ini biasa namun tak jarang kita tidak mengetahui apakah yang ditanya merasa tertekan atau tidak, tentu reaksi psikologisnya pun  merasa tidak nyaman, menarik diri, mudah tersinggung dan membuat sakit hati," kata Wahyu kepada Bangkapos.com, Sabtu (30/05/2020)

Nah menurutnya, luka batin ini tak jarang berefek buruk bagi pribadi yang ditanyakan walaupun konteksnya boleh jadi candaan dan serius.

"Bahkan ada juga yang akan teringat masa masa dulunya mungkin masalah dengan seseorang yang disukainya atau bahkan orang-orang yang sempat dekat dengan dirinya,"  ucapnya.

Dia menyebutkan, inilah yang ditakuti, maka alangkah baiknya pertanyaan semacam ini tidak ditanyakan di depan orang ramai, pada moment-moment yang membuat mood berubah.

"Dan tidak tepat waktunya, perlulah kita menggeser budaya menanyakan hal-hal privasi ini tidak ditanyakan berulang ulang," sebut Wahyu

Menurutnya, impian menikah di usia ideal dan siap adalah dambaan semua orang, tentu doa dan harapan yang terbaik disematkan sehingga pernikahannya bisa memberikan kebahagiaan dan berkecukupan.

"Namun tak jarang pula ada diantaranya menikah di usia yang di impikan tadi tidak sesuai harapan atau justru diluar harapan, banyak pula yang belum menikah dengan alasan belum siap secara finansial, moralitas, sifat, masih ingin bebas atau bahkan memang belum adanya jodoh yang dititipkan tuhan," papar Wahyu.(*)

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Jangan Sakiti Hati Para Jomblo! Sering Ditanya Kapan Nikah, Ternyata Bikin Ganggu Psikologi, https://bangka.tribunnews.com/2020/05/30/jangan-sakiti-hati-para-jomblo-sering-ditanya-kapan-nikah-ternyata-bikin-ganggu-psikologi.

Editor: Rosalina Woso
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved