News

Keputusan Bersama Tiga Institusi, Penutupan Kawasan TNK Diperpanjang, Sampai Kapan?

Kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) telah ditutup untuk kunjungan wisatawan sejak 22 Maret hingga 29 Mei 2020 untuk mencegah penyebaran Covid-19.

POS-KUPANG.COM/SERVAN MAMMILIANUS
TNK Komodo di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. TNK Komodo bakal menjadi destinasi super premium di Indonesia. 

 Laporan Wartawan Pos Kupang, Com, Gecio Viana

POS KUPANG, COM, LABUAN BAJO  -Kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) telah ditutup untuk kunjungan wisatawan sejak 22 Maret hingga 29 Mei 2020 untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Namun demikian, Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) mengeluarkan surat resmi tentang Perpanjangan Penutupan Sementara Kawasan TNK Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 sebagaimana disampaikan

Humas BTNK, Mammad Ikbal Putera, di ruang kerjanya, Kamis (28/5).

Surat tersebut tertuang dalam pengumuman yang dikeluarkan BTNK, Kamis 28 Mei 2020, dengan No: PG.466/T.17/TU/REN/05/2020, ditandatangani Kepala BTNK, Lukita Awang Nistyantara, S.Hut, M.Si. Dalam surat pengumuman itu dijelaskan antara lain surat itu berdasarkan Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No: SE.UMENLHIVSEDEN/ SET.U3|2O2O tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kementerian LHK.

Selanjutnya, Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI No: HK.01.0ZMENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam mendukung keberlangsungan usaha pada situasi pandemi Corona.

"Penutupan dan pembukaan kembali kawasan wisata alam termasuk Taman Nasional dievaluasi dan dilakukan dengan mengikuti kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta pemerintah daerah," demikian bunyi salah satu bagian surat pengumuman itu.

Disampaikan juga bahwa hingga saat ini belum ada kebijakan resmi yang dikeluarkan oleh instansi berwenang terkait pembukaan kembali kawasan wisata alam di NTT.

Bunyi bagian lain dalam surat pengumuman itu yakni berkenaan dengan hal tersebut, maka dalam rangka memberikan perlindungan bagi kesehatan petugas dan masyarakat di dalam kawasan Taman Nasional Komodo, dengan ini kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut.

Pertama, seluruh obyek wisata untuk aktivitas wisata di dalam kawasan Taman Nasional Komodo, masih ditutup sementara sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut dan atau sesuai arahan kepala daerah/Kepala Gugus Tugas Penanganan COVID-l9 di daerah.

Halaman
12
Penulis: Gecio Viana
Editor: Benny Dasman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved