Virus Corona

Presiden Jokowi Ingin TNI/Polri Disiplinkan Masyarakat Saat Pemberlakuan New Normal

340.000 personel TNI/Polri dikerahkan ke empat provinsi dan 25 kabupaten/kota terkait dengan kebijakan normal baru yang diberlakukan pemerintah

BIRO PERS SEKRETARIAT PRESIDEN Image caption
Petugas memeriksa suhu tubuh Presiden Joko Widodo saat memasuki Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Selasa (26/5/2020). 

Presiden Jokowi Ingin TNI/Polri Disiplinkan Masyarakat Saat Pemberlakuan New Normal, Ratusan Ribu Personel Dikerahkan

POS-KUPANG.COM - Sebanyak 340.000 personel TNI/Polri dikerahkan ke empat provinsi dan 25 kabupaten/kota terkait dengan kebijakan normal baru yang diberlakukan pemerintah.

Dalam kunjungan ke stasiun MRT Bundaran HI di Jakarta dan ke sebuah mal di Bekasi, pada Selasa (26/5), Presiden Joko Widodo menekankan bahwa dirinya "ingin TNI/Polri ada di setiap keramaian-keramaian untuk lebih mendisiplinkan masyarakat" agar mengikuti protokol kesehatan menuju "normal yang baru".

Presiden Jokowi mencontohkan bagaimana anggota TNI/Polri bisa memastikan masyarakat "memakai masker, menjaga jarak, dan menghindarkan orang dari kerumunan atau saling berdesak-desakan".

"Pada hari ini telah dimulai TNI dan Polri menggelar pasukannya dan aparatnya di empat provinsi dan 25 kabupaten-kota. Di Sumatera Barat, di DKI Jakarta, di Jawa Barat, dan di Gorontalo. Di kota-kota ada 25, di Surabaya, Malang, dan lainnya," papar Jokowi.

"Kita ingin bisa masuk ke normal baru, masuk ke tatanan baru. Kita ingin muncul sebuah kesadaran yang kuat, muncul kedisiplinan yang kuat sehingga R-0 bisa kita tekan di bawah 1," tambahnya, merujuk angka reproduksi.

Presiden Jokowi mengaku ingin melihat dampak pengerahan personel TNI/Polri dalam satu pekan mendatang, untuk menilai apakah kebijakan tersebut berdampak pada perbaikan signifikan sehingga bisa dilebarkan ke provinsi lainnya.

Petugas gabungan TNI /Polri melakukan pengecekan identitas warga yang melakukan mudik lokal di Jakasampurna, Bekasi, Jawa Barat, Senin (25/5/2020).
Petugas gabungan TNI /Polri melakukan pengecekan identitas warga yang melakukan mudik lokal di Jakasampurna, Bekasi, Jawa Barat, Senin (25/5/2020). (ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH)

Di Mana Personel TNI/Polri Ditempatkan?

Sebelumnya, saat mendampingi Presiden Jokowi di Stasiun Bundaran HI, Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengatakan personel TNI/Polri akan ditempatkan di " tempat-tempat lalu lintas masyarakat, mal-mal, pasar-pasar rakyat, tempat pariwisata."

"Dari data yang ada di empat provinsi dan 25 kabupaten/kota, ada 1.800 objek yang akan kita laksanakan pendisiplinan tersebut," kata Hadi sebagaimana dikutip kantor berita Antara.

Halaman
123
Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved