Public Service Pos Kupang

Pasar Mbongawangi Ende Sangat Ramai

SELAMAT pagi Pos Kupang. Saya warga Rukun Lima. Lokasi tempat saya tinggal tidak begitu jauh dari Pasar Mbongawangi

POS-KUPANG.COM/LAUS MARKUS GOTI
Warga berdatangan di Pasar Mbongawangi Kabupaten Ende untuk membeli kebutuhan sandang dan pangan, Kamis (21/5/2020). 

POS-KUPANG.COM - SELAMAT pagi Pos Kupang. Saya warga Rukun Lima. Lokasi tempat saya tinggal tidak begitu jauh dari Pasar Mbongawangi. Saya sering ke pasar teramai di Kota Ende tersebut.

Terus terang saja, siapapun ke Pasar Mbongawangi pasti melihat pasar itu sangat ramai. Pedagang dan pembeli sangat padat.

Mungkin karena pasar ini dekat dengan Pelabuhan Rakyat (Pelra) Mbongawangi sehingga orang dari dan ke pelabuhan melewati tengah pasar.

Menekan Ego Ummat

Belum lagi pengendara roda dua, seenaknya masuk ke area pasar. Padahal di luar ada area parkir. Kondisi ini membuat pasar kian ramai dan semrawut. Sementara gang-gang dan jalan ke pasar juga sering macet.

Saya melihat ada gedung pasar yang sudah dibangun. Entah sudah jadi dan sudah bisa dipakai saya belum tau. Tapi di situ belum ada pedagang. Kapan bangunan itu dipakai?

Penyelesaian Klaim Kepemilikan Besipae

Sehubungan dengan ramainya Pasar Mbongawangi berpotensi terjadinya penyebaran virus Corona (Covid-19). Kontak antarwarga sulit dihindari. Belum lagi ada juga pedagang dan pembeli yang tidak pakai masker. Menurut saya ini sangat berbahaya. Apa yang hendak dilakukan Pemda Ende melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan? NN - Warga Ende.

Tanggapan

Zona Merah Disperindag Sebar Pedagang

MEMANG betul, hasil pantauan kami pun demikian. Aktivitas warga di Pasar Mbongawangi sangat ramai. Apalagi menjelang Lebaran kemarin, ramai sekali. Perlu diingat saat ini tengah pandemi Covid-19, Pasar Mbongawangi merupakan wilayah Ende Selatan yang sudah masuk kategori zona merah. Ada pasien Covid-19 dari Ende Selatan.

Kami sudah bicarakan dalam rapat Gugus Tugas Covid-19 Ende, yakni melakukan penyebaran pedagang, disinfeksi secara berkala dan pengawasan. Dalam waktu dekat para pedagang akan disebar di terminal belakang Lapangan Pancasila dan di Lapangan Koni.

Pedagang tetap di Pasar Mbongawangi itu tetap. Jadi yang kita sebar ini yang datang dari luar Kota Ende sehingga tidak menumpuk. Dalam waktu dua hari ke depan ini kita mulai operasi.

Untuk pengawas, pihak yang dilibatkan, yakni Dinas Perhubungan, Satpol PP hingga TNI dan Polri mengatur arus lalu lintas juga mengawasi pembeli dan pedagang yang tidak taat, misalnya tidak pakai makser.

Selain itu, penyemprotan disinfektan di pasar akan dilakukan secara berkala dan lebih sering. Berselang dua hari kita disinfeksi. Kalau sebelumnya kan, seminggu sekali, jadi sekarang lebih sering. (kk)

Suban Wanda
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Ende

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved