Idul Fitri di Sumba Timur - Umat Muslim Doakan Agar Corona Berlalu

Umat Muslim di Waingapu, Sumba Timur mendoakan kondisi dunia,bangsa dan daerah agar Pandemi Corona Virus Disease ( Covid-19) segera berlalu

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Imam Masjid Agung Al-Jihad Waingapu,H. Alwi Hasyim Algadri 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Umat Muslim di Waingapu, Kabupaten Sumba Timur mendoakan kondisi dunia,bangsa dan daerah agar Pandemi Corona Virus Disease ( Covid-19) segera berlalu. Umat berharap kondisi itu pulih sehingga aktivitas masyarakat berjalan normal.

Imam Masjid Agung Al-Jihad Waingapu, H. Alwi Hasyim Algadri menyampaikan hal itu saat Salat Id 1441 Hijriyah (H) bersama keluarga di kediamannya, Minggu (24/5/2020).

Menurut H. Alwi, kondisi Pandemi Covid-19 secara global dan sudah sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat termasuk umat muslim, karena itu dengan momen Idul Fitri, pihaknya turut mendoakan agar Pandemi Covid-19 bisa berlalu.

Empat Wilayah di Manggarai Hari Ini Berpotensi Turun Hujan Sedang

"Dalam khotbah saya kurang lebih 10 menit, saya sampaikan ini kepada keluarga supaya kita doakan biarlah Corona ini bisa berlalu. Kita juga sudah sampaikan kepada semua umat agar saat Salat Id di rumah masing-masing doakan juga kondisi Pandemi ini," kata H. Alwi.

Terkait imbauan pemerintah, H. Alwi mengakui, imbauan pemerintah itu tidak sia-sia. Karena, ada imbauan dari pemerintah pusat provinsi dan kabupaten serta MUI, baik pusat maupun di daerah.

UPDATE Corona Manggarai: Semua Pelaku Perjalanan Sudah Selesai Masa Isolasi

"Semua itu kita perlu taati. Ini untuk kepentingan kita bersama,sebaiknya kita menjaga mencegah dari pada mengobati. Kita umat muslim sepakat dengan imbauan itu agar saling menjaga," ujarnya.

Bahkan, sejak bulan puasa sampai dengan Lebaran semua anjuran pemerintah dan MUI selalu dipatuhi.

"Protokol pemerintah dan juga dari WHO kita jalankan. Memang kalau ada umat yang awam tentu ada sedikit pertanyaan,tapi kita terus imbau dan akhirnya mereka bisa terima," katanya.

Terkait silaturahmi sesama umat dalam keluarga atau tetangga, ia mengakui, jika itu ada, maka umat diingatkan agar mengikuti protokol kesehatan,yakni memakai masker, mencuci tangan, jaga jarak satu dengan yang lain.

"Pandemi ini ada juga turut membuat kita lebih banyak mendekatkan diri kepada Yang Kuasa,kita juga lebih banyak memohon, kiranya wabah Covid-19 ini dilakukan," ujarnya.

Pantauan POS-KUPANG.COM, suasana Idul Fitri di Waingapu aman, sejak pagi umat muslim melakukan Salat Id di rumah masing-masing bersama keluarga inti. Di Masjid Agung Al-Jihad Waingapu, nampak sepi.

Umat muslim melakukan Salat Id di rumah hanya diikuti keluarga inti. Usai Salat Id dilanjutkan degan silahturahmi keluarga.

Ketua DPRD Sumba Timur, Ali Oemar Fadaq dan keluarga juga melakukan Salat Id di rumah pribadinya.

Hal yang sama juga oleh Kapolres Sumba Timur, AKBP. Handrio Wicaksono,S.IK. Handrio melakukan Salat Id dengan istri dan anak-anak di rumah jabatan Kapolres Sumba Timur. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM.COM, Oby Lewanmeru)

Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved