Tidak Turun ke Jalan, Malam Takbiran di Malaka Dikumandangkan dari Masjid

Seperti biasanya setiap tahun menjelang puncak Hari Raya Idul Fitri bagi umat Islam, diawali dengan Malam Takbiran

POS-KUPANG.COM/Teni Jenahas
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Malaka, Zaenal Muttaqin 

POS-KUPANG.COM | MALAKA - Seperti biasanya setiap tahun menjelang puncak Hari Raya Idul Fitri bagi umat Islam, diawali dengan Malam Takbiran. Berkenaan dengan penyebaran virus corona yang melanda dunia saat ini, khusus di Kabupaten Malaka malam takbiran tidak dilaksanakan dengan turun ke jalan.

Majelis Ulama Indonesia ( MUI) Kabupaten Malaka telah menghimbau Umat untuk mengikuti gema takbiran yang di kumandangkan di masing-masing Masjid atau Musholla.

Bawang Merah di Waingapu Rp 50.000 Per Kg

Ketua MUI Malaka, Zaenal Muttaqim, menyampaikan hal ini kepada POS-KUPANG.COM, Sabtu (21/5) malam.

Dijelaskan Zaenal, beberapa hari lalu MUI Malaka suda melakukan pertemuan bersama dengan pimpinan daerah dalam hal ini Bupati Malaka, dimana pelaksanaan hari raya Idul Fitri dilaksanakan umat di rumah masing-masing.

Kades Hikong dan Warga Tutup Jalan Maumere-Larantuka, Ini Pemicunya

Hal ini menyusul adanya pandemi corona yang masih menyebar di sebagian besar pelosok tanah air termasuk di Malaka. Untuk itu, katanya, menjelang puncak Hari Raya Idul Fitri yang ditandai dengan malam takbiran tidak bisa dilaksanakan turun ke jalan.

"Tidak ada malam takbiran turun di jalan seperti halnya tahun-tahun sebelumnya, Hanya kegiatan takbiran saja yang di kumandangkan di masing-masing Masjid/Musholla. Nanti umat Islam menyesuaikannya," jelas Zaenal.

Sebelumnya diberitakan, Majelis Ulama Indonesia ( MUI) Kabupaten Malaka menghimbau umat Muslim di Kabupaten Malaka untuk Sholad Ied dari rumah masing-masing pada puncak hari raya Idul Fitri nanti.

Himbauan ini disampaikan setelah MUI Malaka berkoordinasi dengan Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH dalam upaya mencegah penyebaran virus corona yang saat ini masih mewabah di seantero dunia.

Terkait dengan Halal bi Halal, lanjutnya, di himbau juga nanti ketika acara silaturrahmi yang lazimnya di lakukan setiap tahun pada lebaran, untuk hari raya tahun 2020 ini di himbau untuk melalui telepon ataupun melalui vidio call. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved