Masjid AL-ISTIQOMAH TDM bagi Zakat Fitrah jelang Idul Fitri

Menjelang perayaan Idul Fitri, di akhir Bulan Ramadhan, Masjid AL-ISTIQOMAH lakukan pembagian zakat fitrah

POS-KUPANG.COM/ONCY REBON
Imam Masjid AL-ISTIQOMAH TDM, Oebufu, Jumad (22/05/2020) 

POS-KUPANG. COM|KUPANG- Menjelang perayaan Idul Fitri, di akhir Bulan Ramadhan, Masjid AL-ISTIQOMAH lakukan pembagian zakat fitrah. Karena kondisi Pandemi Covid-19, maka pembagian zakat fitrah tidak dilakukan di Masjid tetapi di rumah.

Hal ini disampaikan Imam Masjid Al-ISTIQOMAH, Haji Muhamad Gaus, kepada POS-KUPANG.COM, Jumad, 22/05/2020.

"Panitia Zakat menerima pemberian zakat fitrah dan menyalurkannya kepada orang-orang yang membutuhkan dari rumah ke rumah." ujarnya.

Jemaah Masjid Al Fitrah Oesapa Merayakan Shalat Ied di Rumah

Dikatakan Hj Gaus, penyaluran zakat Fitrah pada tahun ini, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Semuanya ditata dan dilaksanakan dengan rapi serta berpedoman pada himbauan protokol kesehatan pemerintah. Tidak ada kerumunan masa seperti biasanya. Karena situasi Pandemi Covid 19 maka, segala bentuk kegiatan di Masjid dihentikan.

"Untuk persiapan menjelang perayaan Idul Fitri, dilakukan di rumah masing-masing. Di Masjid tidak ada persiapan apa-apa." pungkas Hj. Gaus.

Puluhan Paket Sembako Dari Julie Sutrisno Laiskodat Tersalur di Pulau Seraya Besar Labuan Bajo

Hal ini, lanjut Hj. Gaus, harus diterima secara iman bahwa semua itu adalah ujian dari Allah. Setiap orang harus berbesar hati menerima keadaan ini, bahwa wabah ini terjadi karena atas izin Allah.

"Kita berusaha semaksimal mungkin untuk menghindari Mudharat. Oleh karena itu maka, semua kegiatan yang melibatkan banyak orang seperti Shalat berjamaah di Masjid dan lain-lain ditiadakan sejak awal bulan Ramadhan. Pemerintah tidak melarang kita untuk Shalat. Tetapi kita dilarang Shalat dengan melibatkan orang dalam jumlah besar seperti di Masjid, jelasnya

Hj. Gaus mengaku sedih, karena tidak merayakan Idul Fitri bersama semua kerabat dan jemaah muslim yang lain. Namun banyak hikmah yang dipetik dari kondisi ini. Dengan adanya himbauan untuk melaksanakan Shalat dari rumah, semua anggota keluarga bisa membangun relasi yang selama ini renggang karena setiap orang sibuk dengan aktivitas masing-masing.

"Kita bisa melaksanalan Shalat Sunnat berjamaah bersama anggoya keluarga dalam rumah. Kita juga bisa berbuka puasa bersama. Dengan adanya Pandemi Covid 19 dan himbauan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini, kami merasa dekat sekali antar anggota keluarga dalam rumah." beber Hj. Gaus

Idul Fitri adalah hari kemenangan. Hari setelah umat muslim berjuang selama 30 hari menahan lapar dan haus. Tetapi kondisi tidak mengizinkan, maka semua jemaah muslim merayakan kegembiraan atas kemenangan ini di rumah, tambahnya

Pantauan POS-KUPANG. COM, Masjid AL-ISTIQOMAH yang berdiri kokoh menjulang ke langit nampak sepi. Sesekali terlihat anak-anak bersepeda melintas di depan Masjid. Tidak ada aktivitas yang melibatkan orang dalam jumlah banyak.

Beberapa orang terlihat sibuk di samping sebuah mobil pick up. Sepertinya mereka adalah para panitia Zakat Fitrah yang sedang memasukan zakat ke dalam mobil untuk dibagikan kepada kaum dhuafah dan orang-orang yang membutuhkan. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oncy Rebon)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved