Kapolda NTT Imbau Umat Muslim Salat Idul Fitri di Rumah

Imbauan Kapolda NTT Irjen Pol Hamidin bagi umat muslim agar dapat melaksanakan Salat Idul Fitri atau Salat Id di rumah saja

Kapolda NTT Imbau Umat Muslim Salat Idul Fitri di Rumah
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Kapolda NTT Irjen Pol Hamidin

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Imbauan Kapolda NTT Irjen Pol Hamidin bagi umat muslim agar dapat melaksanakan Salat Idul Fitri atau Salat Id di rumah saja. Hal tersebut dimaksudkan agar dapat membantu upaya bersama untuk mencegah meluasnya penularan Covid-19.

"Kita menghimbau umat muslim, sholat Id di rumah lebih baik daripada dilakukan bersama sama pada saat seperti ini (pandemi Covid-19)," ujar Kapolda Hamidin kepada wartawan. 

Dana Rp 1,3 M Kodim Ende Bakal Buka Jalan Baru di Jalur Reka Kekasewa, Personil Dirapid Tes Dulu

Hal tersebut, kata Irjen Hamidin, agar daerah NTT dapat lebih aman dari penyebaran Covid-19

Sebagaimana Surat Edaran Menteri Agama Nomor: SE 6 tahun 2020 tentang panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di tengah pandemi wabah covid 19 serta Fatwa MUI Nomor 28 tahun 2020 tentang panduan kaifiat takbir dan shalat idul fitri saat pandemi covid 19, pelaksanaan Salat Idul Fitri diimbau untuk dilaksanakan di rumah bersama keluarga inti. 

Politisi Partai PBB di Mabar Sedekah Paket Sembako Bagi Warga Dusun Pulau Boleng

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk tidak melaksanakan takbiran dan tidak melaksanakan silaturahmi dengan saling mengunjungi sebagaimana lazimnya. Masyarakat diimbau untuk melaksanakan silaturahmi secara virtual. 

Terkait pengamanan Idul Fitri, Kapolda Hamidin mengatakan, saat ini pihak kepolisian sedang melaksanakan operasi ketupat. Namun berbeda dari biasanya, pengamanan dalam operasi ketupat tahun ini juga dikaitkan dengan pengendalian dan pencegahan Covid-19.  

"Operasi ketupat saat ini tetap berjalan, tetapi tidak hanya mengamankan jalur kegiatan Idul Fitri, tetapi juga dikaitkan dengan pergerakan manusia berkaitan dengan pencegahan Covid-19," ujar Kapolda. 

"Ini memang bebannya lebih berat sedikit daripada operasi ketupat yang biasa dilaksanakan," tambah Kapolda Hamidin. 

Kepada masyarakat NTT, Kapolda menyampaikan ucapan terima kasih karena telah melaksanakan kegiatan ibadah di rumah sejak himbauan disampaikan pemerintah. "Kita ucapkan terima kasih karena kegiatan ibadah semuanya dilakukan secara mandiri," pungkasnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved