Kabar Artis

Salmafina Sunan Blak-blakan Ungkap Alasan Pindah Agama, Putri Sunan Kalijaga Singgung Trauma

Salmafina Sunan blak-blakan menjawab banyak pertanyaan mengapa dirinya melepas jilbab dan akhirnya pindah agama.

Instagram/Slamafina Sunan
Salmafina Sunan blak-blakan alasan pindah agama 

Salmafina Sunan Blak-blakan Alasan Lepas Jilbab dan Pindah Agama, Putri Sunan Kalijaga Singgung Trauma

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Salmafina Sunan blak-blakan menjawab banyak pertanyaan mengapa dirinya melepas jilbab dan akhirnya pindah agama.

Padahal sebelumnya Salmafina Sunan adalah istri dari pengkhatam alquran, Tagy Malik.

Awalnya, putri Pengacara Sunan Kalijaga ini menjawab pertanyaan netizen soal menjadi diri sendiri.

Pasalnya, Salmafina Sunan pernah dibully se-Indonesia lantaran penampilannya.

Menanggapi hal itu, anak Sunan Kalijga ini mengaku kini bahagia menjadi diri sendiri.

Bahkan Salmafina Sunan mengaku selama ini selalu menjadi dirinya sendiri.

Begitupun ketika janda Taqy Malik ini melakukan sesuatu yang kontroversial seperti melepas hijab hingga berpindah agama.

Hal tersebut diungkapkan Salma melalui unggahannya di Insta Storiesnya @salmafinasunan ketika seorang netizen menanyakan caranya untuk menjadi diri sendiri.

"Gue mengekspresikan diri gue yang nggak pake hijab panjang-panjang lagi. Lalu setelah itu gue mutusin untuk lepas hijab," tulis Salmafina dalam Instagramnya seperti dikutip Grid.ID, Minggu (17/5/2020).

"Setelah itu semua orang tahu bahwa gue sudah tidak lagi berkeyakinan yang sama dengan keluarga," ujar Salmafina Sunan.

"Gue sangat menjadi diri gue sendiri dan enggak nyaman berpura-pura supaya hati netizen senang," lanjutnya.

Putri pengacara Sunan Kalijaga itu pun menegaskan jika keputusan besar tersebut dia ambil bukan lantaran trauma masa lalunya.

"Perjalanan di atas bukan seperti yang orang lihat 'wah karena trauma', 'wah karena cerai makanya begini', 'wah karena nyari jati diri'," terang wanita 20 tahun ini.

Menurut Salma selama ini dia selalu menunjukkan sosok dirinya tanpa kepalsuan.

"Itulah gue apa adanya, enggak mau pura-pura jadi seseorang yang bukan gue. Pura-pura itu enggak enak banget," tutupnya.

Dilansir dari Tribunnews.com, Senin (18/2/2019), Salmafina melepaskan hijabnya setelah setahun bercerai dari Taqy Malik.

Salmafina Sunan mengunggah foto lepas hijab melalui Instagram Stories.

Dalam foto yang diunggahnya, putri Sunan Kalijaga ini terlihat berbeda dari biasanya.

Salmafina tampak mengenakan t-shirt berwarna pink.

Rambut panjang Salmafina terlihat dikuncir ekor kuda.

Sebuah kacamata hitam tampak menghiasi rambut mantan istri Taqy Malik ini, seperti yang TribunStyle.com lansir dalam Instagram story @salmafinasunan.

Sementara itu, dilansir dari Bangkapos.com, Rabu (10/7/2020), Salmafina diketahui berpindah agama dari Islam menjadi Nasrani.

Hal itu bermula dari banyaknya kemunculan foto Salmafina mengenakan salib.

Sang ayah, Sunan Kalijaga bereaksi dan memberikan pernyataannya.

Tampak juga foto mantan istri Taqy Malik itu tengah menangis dengan kedua tangan tertangkup rapat.

Kini, setelah berpindah keyakinan menjadi nasrani, Salmafina pun terlihat religius.

Bahkan, Salmafina juga sempat membagikan video singkatnya saat menjalani prosesi baptis selam. 

* Dikabarkan Pindah Agama Hingga Berontak Salmafina Sunan pada Sunan Kalijaga Terungkap

Kaburnya Salmafina Sunan dari jangkauan sang ayah, Sunan Kalijaga akhirnya terungkap.

Seperti diketahui mantan istri Taqy Malik ini sedang berseteru dengan ayahnya, pengacara kondang Sunan Kalijaga.

Menghilangnya Salma dari rumah dihebohkan lagi dengan kabar mengenai putri sulung Sunan Kalijaga itu berganti keyakinan.

Permasalahan diketahui dari insta story Sunan Kalijaga yang kerap meluapkan kekesalannya pada permasalahan dengan putrinya, Salmafina Sunan.

Meski pada akhirnya keduanya bertemu dan kembali memperbaiki hubungan ayah dan anak.

Namun ternyata Salmafina menyimpan curhatan terdalamnya kepada kedua orang tuanya, Sunan Kalijaga dan Heidy Sunan.

Membaiknya hubungan ayah dan anak ini dikabarkan memburuk pasca Salmafina Sunan ini tidak pulang ke rumah selama dua minggu sejak tanggal 2 Juli 2019.

Bahkan akibat perginya Salmafina Sunan dari rumah, Sunan Kalijaga sampai meluapkan curhatannya di Instagram Story.

Tak hanya itu, dikabarkan Sunan Kalijaga juga sampai datang dan lapor ke polisi dan Ditjen Imigrasi untuk mencegah sang putri pergi lagi.

Tak lama setelah beredar berbagai kabar tersebut, Salmafina Sunan memamerkan kebersamaannya dengan keluarga termasuk dengan Sunan Kalijaga.

Sikap protektif yang ditujukan Sunan Kalijaga ini rupanya sempat membuat Salamfina Sunan merasa gerah.

Kepada Atta Halilintar di acara Wow Banget Trans 7, Salmafina Sunan mengaku merasa risih ketika kedua orang tuanya, termasuk Sunan Kalijaga masih memanjakannya dan mengaggapnya masih anak kecil.

Meski begitu, Salmafina mengakui bahwa faktor diirinya dimanja ini karena ia merupakan putri satu-satunya Sunan Kalijaga dan Heidy Sunan.

"Kakak mengerti bahwa orangtua akan sulit menerima bahwa anaknya sudah besar. Apalagi gue anak perempuan satu-satunya. Dan gue anak pertama perempuan," ujar Salmafina Sunan, dilansir TribunnewsBogor.com, Rabu (24/7/2019).

Salmafina dan Sunan Kalijaga (kolase instagram Salmafina)
Akibat sikap dimanjakan tersebut, Salmafina mengaku orangtuanya ini kerap tidak setuju dengan beberapa sikap yang dipilih sendiri olehnya.

"Jadi normal sekali bahwa ayah ibu masih sulit deal, untuk menerima segala tragedi yang terjadi di hidup kakak," tambahnya.

Mantan istri Taqy Malik kemudian mengaskan dirinya sudah dewasa, bahkan tahun ini akan menginjak usia 20 tahun.

Sehingga ia tidak ingin dikatain anak kecil lagi oleh orang tuanya.

Karena hal tersebut, Salmafina pun mengungkapkan bahwa dirinya tidak ingin dimanja lagi oleh kedua orang tuanya.

"Karena aku tahu, sampai sekarang aku ngerasa ayah sama ibu ini masih mengaggap Salmafina ini anak kecil. Masih dimanja banget. Tapi gue sendiri gak mau dimanja," ungkap Salmafina.

"So aku tahu kalian sulit menerima bahwa aku ini sudah besar," tambahnya.

Meski begitu, Salmafina kembali menegaskan bahwa kelurga akan menjadi pilihan utamanya dalam setiap apapun.

"Mau sebesar apapun, pasti aku kembalinya ke keluarga. Mau seberat apapun masalah, sejauh apapun aku pergi, pasti aku kembali ke keluarga," ucapnya.

"Dan nilai-nilai yang kalian tanamkan kepada aku itu masih disimpan secara baik.

Cuman aku bisa menambahkan persepsi terhdap nilai yang ditanam, gue bisa oh yang ini oke, yang ini kurang oke," tambahnya.

Melihat pernyataan Salmafina, Atta Hlailintar selaku host Wow Banget ini pun menelpon Sunan Kalijaga untuk mengetahui apakah yang dikatakan Salmafina ini benar.

Sunan Kalijaga mengaskan masalah yang kemarin terjadi dengan Salmafina ini hanya kerana ia belum bisa memberi untuk putrinya.

"Salma lagi banyak maunya, bapkanya belum bisa banyak ngasihnya. Select sih enggak," ucap Sunan Kalijaga melalui sambungan telepon.

Kemudian, Sunan Kalijaga mengungkapkan bahwa memang Salmafina ini anak kesangannya.

"Biar bagaimanapun Salmafina Sunan ini anak kesayangan ayah Sunan Klaijaga,"

"Dia selalu bilang begitu," seloroh Salmafina menanggapi pernyataan sang ayah.

Kemudian, Sunan Kalijaga menegaskan bahwa masalahnya dengan Slmafina Sunan ini sudah membaik.

"Alhamdulillah segala sesuatu yang terkait anak kesayangan kami ini masih bisa dibicarakan," ucapnya.

Seiring dengan membaiknya hubungan dengan Salmafina, Sunan Kalijaga pun memberikan harapannya.

Rupanya, Sunan Kalijaga inginkan Salmafina sepeti anak kecil perempuannya dulu.

"Ayah cuman kepengen Salma kembali seperti anak kecil kesayangan ayah, yang kemana-amana ayah ayah ajak, bawa pergi kesana kemari, beliin dia tas, sepatu, perlengkapan Barbie.

Ingin jadi anak kecil perempuan ayah kayak dulu," ungkap Sunan Kalijaga blak-blakan.

Lantas, Atta Halilintar menyinggung pernyataan Salmafina yang tak ingin dianggap anak kecil lagi.

Mendengar ucapan tersebut, Sunan Kalijaga langsung bereaksi.

Sang ayah ini rupanya ingin bertemu dengan orang yang sudah 'mengalahkan'nya dalam hal memberikan kasih sayang kepada Salmafina.

"Gak mau disayang maksudnya? Ya Sudah kalau udah ngerasa bukan anak kecil gak mau disayang. Tolong kenalin sama ayahnya siapa yang sayang sama dia. Kenalin sekarang juga", ucap Sunan Kalijaga.

"Gak apa-apa kalau sudah ada yang sayang sama Salma. Kenali dong, nanati kita tes," ucapnya

Salmafina yang mendengar ucapan yang ayah ini langsung tersenyum.

* Curhat Salmafina Sunan

Curhat menyentuh Heidy Sunan, ibu Salmafina Sunan, saat putrinya putuskan hijrah, kini sang putri minta keputusan lepas hijab tak dihujat.

Salmafina Sunan mengunggah foto lepas hijab melalui Instagram Stories.

Dalam foto yang diunggahnya, putri Sunan Kalijaga ini terlihat berbeda dari biasanya.

Salmafina Sunan benar-benar menanggalkan hijabnya.
Salmafina Sunan tampak mengenakan t-shirt berwarna pink.

Rambut panjang Salmafina Sunan terlihat dikuncir ekor kuda.

Sebuah kacamata hitam tampak menghiasi rambut mantan istri Taqy Malik ini, seperti yang TribunStyle.com lansir dalam Instagram story @salmafinasunan.

Sebelumnya, Salmafina Sunan sempat mengatakan pada followers-nya kalau dia akan menunjukkan rambutnya, yang menandakan kalau dia akan melepas hijab.

"Enjoy, soon you will see my hair. Nikmati, sebentar lagi kamu akan melihat rambutku," tulis Salmafina.

Salmafina juga meminta agar orang-orang menghargai keputusannya ini.

"With all of my heart im sorry if i cannot keep up. Respect my decision please. (Dengan segenap hatiku aku minta maaf jika aku tidak bisa mejaga ini. Hargai keputusanku)," lanjutnya.

Salmafina Sunan ternyata selama ini merasa tak nyaman jika dirinya di-bully mengenai persoalan agama.

"Bener-bener deh netizen islami mulut kalian sembarangan banget dan saya gak sekuat itu ternyata."

"Even saya posting foto selfie terakhir saya aja, mulut kalian itu jahat banget."

"Nanti mantan suami lah dibawa2 apalah apalah....," curhat janda berusia 19 tahun ini.

Padahal keputusan Salmafina Sunan memakai hijab sempat membuat sang ibu, Heidy Sunan senang.

Hal itu terlihat dari unggahan Heidy Sunan pada 13 Agustus 2017.

Di unggahan itu, Heidy Sunan merasa senang karena Salmafina Sunan tergerak untuk hijrah di usia muda.

Berikut bunyi postingannya:

"Salmafina Khairunnisa Putri Sunan

Dia anak ku, anak yang baik, anak yang menyayangi keluarga, anak yang sangat aku sayangi.

Tetapi dia juga manusia biasa, mempunyai kesalahan dalam hidup. Kesalahan nya adalah kelalaian ku juga.

Alhamdullillah, dia segera menyadari. Dia lebih baik dari ku, lebih muda sadar dan berhijrah.

Aku Ibu nya, aku bangga padanya.

Semoga Allah selalu menjaga keimanan dan langkah nya.

18 tahun yang lalu Allah SWT mengizinkan aku melahirkan mu anakku, mempercayakan dan menitipkan engkau padaku.

Di hari kelahiran mu ini, semua doa doa terbaik seorang Ibu kepada anak nya yang aku panjatkan.

Semoga Allah SWT selalu menjaga dan memberkahi setiap langkahmu, menjadi anak sholeha dan manusia yang baik, bahagia dan sukses dunia akhirat, sayang terhadap orang tua dan sesama. Aamiin.

Ibu sayang kakak," tulis Heidy Sunan di unggahan itu.

Heidy Sunan kembali mengunggah curhatan menyentuh soal putrinya pada 13 Agustus 2018.

Dalam unggahan itu, Heidy Sunan memajang dua buah foto masa kecil putrinya dan foto Salmafina Sunan ketika sudah dewasa.

"Look her transformation, how my cute adorable baby “amana” become beautiful, independent and strong Salmafina.

Dearest Kakak, as you grow older go forth and pursue all your dreams.

Live life to the fullest and make sure that your happiness is second to none.

Never forget that I love you

Life is filled with good times and hard times, learn from everything you can.

Be the woman I know you can be.

And while you are at it, remember every time you need a hug or a place to call your own, I’m always here.

Never forget Allah SWT and family in every step you have," tulis Heidy Sunan.

Artikel ini telah tayang di BanjarmasinPost.com dengan judul:Berontak Salmafina Sunan pada Sunan Kalijaga Terungkap, Mantan Taqy Malik Curhat pada Atta  https://banjarmasin.tribunnews.com/2019/07/27/berontak-salmafina-sunan-pada-sunan-kalijaga-terungkap-mantan-taqy-malik-curhat-pada-atta?page=all

Artikel ini telah tayang di Grid.id dengan judul Kehidupannya Penuh Kontroversi Mulai dari Lepas Hijab Hingga Pindah Agama, Salmafina Sunan: Gue Sangat Menjadi Diri Sendiri https://www.grid.id/read/042155878/kehidupannya-penuh-kontroversi-mulai-dari-lepas-hijab-hingga-pindah-agama-salmafina-sunan-gue-sangat-menjadi-diri-sendiri?page=all

Editor: Hasyim Ashari
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved