Umat Hindu di NTT Serahkan Donasi untuk Enam Rumah Sakit

Umat Hindu di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur melakukan aksi sosial kemanusiaan di tengah situasi pandemi Covid-19.

POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Tim Aksi Kemanusiaan Hindu NTT Peduli Covid-19 saat menyerahkan donasi berupa alat pembatas konsultasi dokter dan bahan medik di RSUD Prof WZ Johannes Kupang pada Sabtu (16/5/2020). 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Umat Hindu di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur melakukan aksi sosial kemanusiaan di tengah situasi pandemi Covid-19.

Untuk kedua kalinya, umat Hindu yang diwakili para pengurus organisasi agama Hindu seperti PHDI, WHDI, KMHDI dan Paradah melakukan aksi kemanusiaan dalam rangka mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 

Tak hanya di Kota Kupang, aksi kemanusiaan itu juga menyasar penerima bantuan di wilayah Kabupaten Kupang dan Kabupaten Rote Ndao.

Pada Sabtu (16/5), tim Aksi Kemanusiaan Hindu NTT Peduli Covid-19 yang digawangi ketua PHDI Provinsi NTT Dr. Ir. Wayan Darmawa, MT., ketua WHDI provinsi NTT, dr. Dewa Ayu Suswati dan para pengurus organisasi menyerahkan donasi kepada enam rumah sakit di Kota Kupang. Rumah sakit tersebut adalah RSUD Prof. WZ Johanes Kupang, RS Bhayangkara Titus Uly, RST Wirasakti, RS Siloam, RS SK Lerik dan RSIA Dedari.

Tim Hindu NTT Peduli Covid-19 menyerahkan 12 unit alat pembatas konsultasi dokter dengan pasien, 12 jerigen hand sanitizer, 12 liter alkohol, 30 dos tisue dan 13 botol alat semprot desinfektan.

Selain untuk rumah sakit, tim juga menyerahkan aneka donasi untuk fasilitas kesehatan di Kabupaten Rote Ndao melalui Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTT yang diterima langsung oleh Kepala BPBD NTT, Thomas Bangke. Donasi tersebut berupa 5 tandon tempat cuci tangan, 5 unit alas tandon, 5 botol sabun antimikroba, 10 dos tisue dan masker kain sebanyak 300 pcs.

Sementara itu, untuk donasi yang diberikan untuk fasilitas kesehatan di Pulau Semau Kabupaten Kupang telah diserahkan sebelumya pada Jumat, 15 Mei 2020.

Donasi juga diberikan kepada umat Hindu yang tersebar di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang antara lain, masker kain sebanyak 700 pcs, masker untuk anak sekolah TK dan SD Saraswati sebanyak 180 pcs, susu bagi anak usia 1-3 tahun dan 3-7 tahun sebanyak 114 dos susu.

Ketua Panitia Tim Hindu NTT Peduli Covid-19, Ni Nyoman Yuliani, S.Si, S.Farm.,Apt,M.Si menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas donasi yang diberikan oleh Ketua PHDI Kota Kupang Wayan Wira Susana, Ketua WHDI Kota Kupang dr. Shinta Widari, Sp.KJ, MARS; Ketua PD. KMHDI NTT, I Putu Sastra Wirawan, Peradah, Puskor Hindunesia, Rary TriGuntara, SKM, media hindukupang.com, serta donasi masker kain dari penjahit Purnama yang merupakan alumni KMHDI serta umat Hindu yang telah memberikan donasi secara tulus ikhlas bahu membahu membantu masyarakat kota dan kabupaten Provinsi NTT.

"Semoga dapat membantu masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah NTT," ujar Ni Nyoman Yuliani.

Ia berpesan, semoga masyarakat tetap tertib untuk melaksanakan protokol kesehatan yakni di rumah saja (stay at home), menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, minum vitamin, makan bergizi, serta selalu berdoa memohon kepada Tuhan semoga wabah Pandemi covid-19 dapat berlalu. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Hermina Pello
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved