Siswi SMAK Frateran Ndao Ende Bangga Bisa ke Amerika Ikut Youth Exchange dan Study

Siswi SMAK Frateran Ndao, Olga Wangge mengaku bangga dan senang bisa terpilih menjadi salah satu dari para siswa-siswi asal Indonesia

Siswi SMAK Frateran Ndao Ende Bangga Bisa ke Amerika Ikut Youth Exchange dan Study
ISTIMEWA
Olga Wangge Saat Berada di Amerika

POS-KUPANG.COM | ENDE - Siswi SMAK Frateran Ndao, Olga Wangge mengaku bangga dan senang bisa terpilih menjadi salah satu dari para siswa-siswi asal Indonesia yang ikut dalam program YES ( Youth Exchange dan Study) atau program pertukaran pelajar atau pemuda di Amerika Serikat (AS) selama 8 bulan dari Agustus 2019 hingga April 2020.

Kepada POS-KUPANG.COM, Rabu (13/4/2020),Olga mengatakan bahwa dirinya patut merasa bangga dan senang karena tidak semua pelajar bisa mendapatkan kesempatan untuk berangkat dan tinggal di Amerika Serikat dalam waktu yang cukup lama.

Positif Covid-19 Meningkat, Ini Permintaan Bupati Manggarai untukPasien Manggarai Barat

Olga mengaku bahwa kepergian dirinya ke Amerika Serikat memiliki konsekwensi logis yakni dirinya terpaksa harus kembali mengulang di kelas 12 atau kelas 3 SMA sedangkan teman-teman seangkatan dengannya justru sudah lulus dari SMA.

"Kalau saya tidak pergi ke Amerika tentu saya sudah selesai dari bangku SMA namun karena keberangkatan saya ke Amerika maka saya tertahan di kelas 3 sedangkan teman seangkatan saya sudah lulus,"kata Olga.

Meskipun harus tertahan di kelas 3 namun Olga mengaku tidak menyesal dengan pilihannya ke Amerika karena menurutnya kalau mengulang di kelas 3 bisa terjadi kapan saja namun kalau pergi ke Amerika adalah kesempatan langka yang tentunya rugi kalau tidak dimanfatkan.

Update Corona Sumba Timur - Pasien Positif Itu Sudah Ditangani Sejak Tiba di Waingapu

Saat berada di Amerika selama 8 bulan Olga mengaku dirinya banyak mendapatkan pengalaman baru yang dia tidak dapatkan di Indonesia seperti mendapatkan teman-teman baru dari berbagai negara yang juga ikut dalam pertukaran pelajar.

Selain itu dia mendapatkan pengetahuan soal budaya Amerika dan juga ilmu pengetahuan.
Juga tidak lupa pula dirinya memperkenalkan keberadaan Negara Indonesia dan Provinsi serta Pulau Flores kepada teman-teman dari Negara lain.

Saat di Amerika juga ujar Olga,dirinya tidak sekedar menjadi peserta namun dirinya berhasil meraih prestasi dalam lomba debat antar SMA di Honolulu, Oaho pada 14 hingga 15 Februari 2020.
Dalam lomba debat tersebut, sekolah tempat Olga bernaung berhasil keluar sebagai juara umum dan Olga bersama patner tim keluar sebagai juara tiga.

"Dalam lomba debat 14 sampai dengan 15 Febuari 2020 antar SMA di Honolulu, Oaho. Sekolah saya jadi juara umum dan terus saya dan patner tim juara tiga dari 10 tim. Saya bangga karena menjadi salah satu dari puluhan pelajar terbaik Indonesia yang lolos seleksi yang sangat ketat dalam program pertukaran pelajaran ini. Lebih bangga lagi,ketika saya mendapat"placeman'di Hawaii-USA. Siapa sih yang tidak mendengar tentaang Hawaii? Nama ini disebut-sebut sebagai salah satu kepingan surga yang jatuh ke dunia,"kata Olga.

Dikatakan, Hawaii pun identic dengan banyak hal,mulai tarian hula-hula,budaya lokalnya yang unik,pantai berpasir putih,lautan dengan ombak yang menantang untuk selancari,hingga serial Hawaii five-O yang memang menjaadikan Hawaii sebagai setting utamanya.

"Pada refresing bersama teman-teman pada Sabtu - Minggu,9-10 November 2019,kami melakukan trip di pulau yang saya tempati, Big Island. Bersama temaan-teman pertukaran pelajar dari pulau-pulau di Hawai kami berwisata alam dan study tour. Kami sempat berfoto di air terjun,Akaka Falls, kayak hutan hujan, juga di Orchid Garden dan di hotel tempat kami menginap,"ujarnya.

Atas prestasi yang diraih Olga saat berada di Amerika, Frater William mengatakan sebagai kepala sekolah dirinya merasa bangga karena Olga tidak saja mampu berpretasi di tingkat local namun sampai mancanegara.

Atas prestasinya itu, Frater Wiliam meminta Olga tidak berpuas diri namun terus berusaha meraih prestasi yang lebih tinggi lagi.

"Olga bukan saja menjadi kebanggan orangtua dan kerabatnya namun juga menjadi kebanggaan sekolah dan daerah,"kata Frater Wiliam. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved