Update Corona NTT

BREAKING NEWS - Pasien Positif Covid-19 di RSUD Kupang Meninggal Dunia

Pasien positif Covid-19 yang dirawat di ruang isolasi RSUD Prof WZ Johannes Kupang meninggal dunia.

POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Tim Gugus Tugas Covid-19 NTT saat menyampaikan informasi terbaru perkembangan Covid-19 di Nusa Tenggara Timur, Selasa (12/5/2020). 

BREAKING NEWS - Pasien Positif Covid-19 di RSUD Kupang Meninggal Dunia 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Pasien positif Covid-19 yang dirawat di ruang isolasi RSUD Prof WZ Johannes Kupang meninggal dunia. 

Pasien positif Covid-19 yang terpapar melalui transmisi lokal di wilayah Kota Kupang itu meninggal pada Selasa (12/5/2020) malam. 

Pasien tersebut dinyatakan positif dari hasil pemeriksaan swab yang dilakukan di Laboratorium RSUD Prof WZ Johannes Kupang yang diumumkan Gugus Tugas Covid-19 pada Senin (11/5/2020) malam. 

"Pasien yang dirawat di ICU RSUD Prof WZ Johannes Kupang beberapa menit lalu meninggal dunia," ujar Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 NTT Ardu Jelamu Marius ketika memberikan keterangan pers pada Selasa (12/5/2020) sekira pukul 20.40 Wita. 

Ardu Jelamu pada kesempatan tersebut menyampaikan rasa belasungkawa kepada almarhum dan keluarga besar yang ditinggalkan. 

Sesuai dengan tatalaksana penanganan pasien Covid-19, pasien tersebut akan dimakamkan dengan protokol pemakaman pasien Covid-19

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi NTT Mandala ketika dikonfirmasi POS-KUPANG.COM membenarkan pasien positif dari transmisi lokal tersebut merupakan pasien rujukan dari RST Wirasakti Kupang pada 5 Mei 2020 yang lalu. Ia dirawat di ruang Isolasi RSUD Prof WZ Johannes.

Mandala menerangkan, pasien yang sehari-harinya berprofesi sebagai pedagang daging di Pasar Kasih Naikoten Kupang itu masuk ke RST Wirasakti dengan keluhan gejala types. Ia, kata Mandala, dirawat di RST sekira lima hari sebelum akhirnya dirujuk. 

"Awalnya masuk rumah sakit dengan keluhan gejala types," ungkapnya. 

Ketika dilakukan pemeriksaan di IGD RSUD Prof WZ Johannes Kupang ditemukan indikasi yang menjurus pada Covid-19. Karenanya, pasien yang tinggal di wilayah Kecamatan Kota Raja itu dilakukan penanganan sesuai protap medik untuk pasien Covid-19.

"Saat dirujuk, ia mengeluh sesak nafas dan sesak dada. Makanya dilakukan rapid test. Ketika hasil positif, ia kemudian di swab," tambahnya. 

Mandala mengatakan, pihak Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTT juga telah melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas Kota Kupang untuk melakukan tracing terhadap kontak terakhirnya.

Bahkan, pada Selasa sore, tim Gugus Tugas juga telah memasang police line di lokasi berdagangnya di Pasar Naikoten dan melakukan penyemprotan desinfektan. (*)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved