Liga 1 2020

Menpora Tak Setuju Opsi Pertandingan Liga 1 Digelar Tanpa Penonton

Pemerintah Jerman baru saja memberikan izin kepada Liga sepakbola Jerman, Bundesliga untuk kembali menggulirkan pertandingan

KOMPAS.com/SUCI RAHAYU
Pemain, official dan manajemen Bali United merayakan juara Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Minggu (22/12/2019) malam. 

POS KUPANG.COM-- – Pemerintah Jerman baru saja memberikan izin kepada Liga sepakbola Jerman, Bundesliga untuk kembali menggulirkan pertandingan.

Namun, karena baru dapat izin, rencana bergulir 9 Mei harus diundur menjadi 15 Mei 2020.

Pertandingan Bundesliga digelar dengan syarat tanpa penonton dan faktor kesehatan pelaku di dalamnya harus dipantau semaksimal mungkin.

Pertandingan Arema vs Persib pada pekan kedua Shopee Liga 1 2020 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (8/3/2020).
Pertandingan Arema vs Persib pada pekan kedua Shopee Liga 1 2020 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (8/3/2020). ((KOMPAS.com/SUCI RAHAYU))

Akan tetapi langkah yang dilakukan pemerintah Jerman tak bisa diikuti Indonesia.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengatkaan bahwa opsi tersebut juga sempat ia tanyakan ke klub-klub dan mereka tak menginginkan liga digelar tanpa penonton.

Jet Mewah Bomber Cristiano Ronaldo Seharga Rp 375 Miliar, Ini Kecepatan Terbang, Simak Info

“Dari komunikasi saya dengan beberapa klub, belum semua saya tanyakan. Itu benar adanya yang mengusulkan tanpa penton, tapi mereka tidak mau,” kata Menpora dalam bincang santai di Instagaram,  Rabu (6/5/2020).

Menpora menjelaskan, meskipun pertandingan digelar tanpa penonton itu bakal ada banyak orang di dalamnya, seperti pemain, ofisial, pelatih, panitian penyelenggara, wasit dan keamanan.

Simak Kata Ketua Umum Persipura soal Covid-19 yang Ganggu Liga 1 2020, Info Liga

LINK Live Streaming Indosiar PSIS Semarang vs Arema FC Liga 1 2020, Sabtu 14/3/2020 Mulai Jam 15.00 WIB
LINK Live Streaming Indosiar PSIS Semarang vs Arema FC Liga 1 2020, Sabtu 14/3/2020 Mulai Jam 15.00 WIB (Instagram/aremafcofficial)

“Kalaupun (digelar) tanpa penonton tetap ada saja yang terlibat di situ, yang terlibat itu sekitar 200 an orang; pemain, ofisial, kemanan, wasit dan panitia.  Tapi saya tidak akan memutuskan saya serahkan kepada LIB PSSI yang memutuskan,” ujarnya.

Secara pribadi Menpora menolak pertandingan dihelat tanpa penonton.

Ia justru meminta semua sabar dan menunggu arahan dari pemerintah pusat.

• PT LIB Minta Kompetisi Dihentikan, PSSI Pilih Tunggu Arahan Lanjutan dari Pemerintah Indonesia

Seperti diketahui, status darurat Covid-19 di Indonesia masih berlangsung hingga 29 Mei 2020.

“Kalau saya sih meski tanpa penonton itu jangan (Digulirkan) dan kebetulan mayoritas klub mereka juga bilang itu karena mereka tidak mau, tidak mau pertandingan tanpa penonton, itu opsi kemungkinan kecil ya. Yang paling penting menunggu sampai pemerintah bahwa Covid ni sudah selesai,” pungkasnya.


PSSI
 

Jadwal Liga 1 2020 - Jelang Live Streaming Persita Tangerang vs PSM Makassar, Pelatih PSM Kritik Giancarlo
Jadwal Liga 1 2020 - Jelang Live Streaming Persita Tangerang vs PSM Makassar, Pelatih PSM Kritik Giancarlo (Instagram/liga12020)

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Menpora Tak Setuju Opsi Pertandingan Liga 1 Digelar Tanpa Penonton, https://wartakota.tribunnews.com/2020/05/06/menpora-tak-setuju-opsi-pertandingan-liga-1-digelar-tanpa-penonton.
Penulis: Abdul Majid
Editor: Murtopo

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved