Yayasan Warna Kasih Kupang Layani Pasien Rehabilitasi Narkoba

Pengurus Yayasan Warna Kasih Kupang Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Tetap melayani pasien rehabilitasi narkoba ditengah pandemi Covid-19

POS-KUPANG.COM/RAY REBON
Pembina bersama konselor Yayasan Warna Kasih Kupang, Senin (04/05/2020) 

POS-KUPANG. COM| KUPANG- Pengurus Yayasan Warna Kasih Kupang terletak di Jl.TPU LLB, Kelurahan Liliba, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Tetap melayani pasien rehabilitasi narkoba ditengah pandemi Covid-19.

Saat ditemui di ruangan kerjanya, Senin (04/05/2020), Ketua pembina yayasan, Veronika Wawo, M.Pd Menyampaikan, yayasan warna kasih kupang, didirikan 7 Maret 2011 yang bergerak dibidang Narkotika, psikotropika dan zat adiktif (NAPZA). Yayasan ini juga bertujuan untuk menanggulangi korban penggunaan NAPZA.

SMAN 9 Kupang Terapkan 6 Kriteria Sebagai Indikator Kelulusan

"Sejak tahun 2011 sampai sekarang, yayasan ini telah merehabilitasi 270 klien pengguna narkoba, yang ada di Kota Kupang"

Ia menjelaskan, sejauh ini di yayasan ini dibagi dalam beberapa kelas untuk pasien rehabilitasi seperti, kelas 1, kelas 2 dan kelas 3, dan yang paling banyak di yayasan ini adalah anak-anak mahasiswa yang direhabilitasi disini.

Di yayasan ini juga diberlakukan rawat nginap dan rawat jalan. Merawat jalan lebih banyak pasien di rumah keluarga masing-masing. Sedangkan rawat nginap yang ada di rumah orang dibiayai oleh pemerintah dalam hal ini kementerian sosial (Kemensos). Ucap Veronika.

Update Data Covid-19 NTT, 10 Pasien Positif dan 38 PDP Sembuh

"Pasien yang rawat nginap masa rehabilitasinya empat bulan. Sedangkan untuk pasien yang rawat jalan waktu rehabilitasi tiga bulan"

Ditengah pandemi covid 19 ini, kegiatan yang dilakukan oleh keputusan konselor, mereka mengunjungi pasien yang berada di rumah untuk asistmen beserta konseling tidak bisa dilakukan dilembaga. Tegas Veronika

Harapan kami, supaya pemerintah perhatikan para korban penyelahgunaan yang ada di Kupang. Karena, banyak keluarga yang tidak memberitahukan tentang anak-anaknya sebagai pengguna. Ada stikma perasaan malu, anak-anak yang gagal atau orang tua yang gagal. Namun himbauan kami, karena ada dua IPWL komponen masyarakat yang ditetapkan oleh kemensos yaitu, yayasan warna kasih kupang dan mitra harapan di Soe. Jadi, apabila ada anak atau keluarga yang penyelahguna Narkoba, sebaiknya lansung direhabilitasi di yayasan kami. Tutup Veronika

Ragu Naden, konselor yayasan warna kasih menatakan, ditengah pandemi covid 19, program regabilitasi tetap berjalan, tetapi dengan cara yang berbeda.

"Kami langsung mengunjungi para pasien di rumah masing-masing, dengan mengatur jarak satu meter dan cara-cara yang lainnya sesuai himbauan dari pemerintah" ungkap Ragu

Harapan saya, semoga pandemi covid 19 cepat berakhir, agar kita dapat beraktivitas normal kembali. Tutup Ragu
(Laporan Reporter POS-KUPANG. COM, Ray Rebon)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved