Bahagianya 234 KK di Dua Desa SBD Bisa Nikmati Listrik

Listrik dinyalakan untuk 234 kepala keluarga (KK) dari Desa Bila Cenge, Kecamatan Kodi Utara dan Desa Dinjo Kecamatan Kodi Bangedo Kamis (30/4)

Bahagianya 234 KK di Dua Desa SBD Bisa Nikmati Listrik
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
PT PLN ( Persero) UP3 Sumba bersama Pemerintah Sumba Barat Daya Nyalakan 234 pelanggan di Desa Bila Cenge Kecamatan Kodi Utara dan Desa Dinjo Kecamatan Kodi Bangedo Kabupaten Sumba Barat Daya, Kamis (30/4/2020)

POS-KUPANG.COM | TAMBOLAKA -PT PLN ( Persero) UP3 Sumba bersama Pemerintah Sumba Barat Daya (SBD) menyalakan listrik untuk 234 kepala keluarga (KK) dari Desa Bila Cenge, Kecamatan Kodi Utara dan Desa Dinjo Kecamatan Kodi Bangedo Kamis (30/4).

Pelanggan tersebut terdiri dari 125 KK di Desa Bilacenge dan 109 KK di Desa Dinjo dimana bantuan alokasi dananya berasal dari Anggaran Dana Desa (ADD) untuk pemasangan listrik kepada masyarakat.

Manager PLN UP3 Sumba, Made Hary Palguna, melalui Plt Manager Komunikasi PLN UIW NTT, Margaretha Yupukoni, Senin (4/5), mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemerintah SBD atas bantuan dan dukungan kepada PLN sehingga secara rutin setiap tahun lewat para kepala desa mengalokasikan anggaran lewat ADD untuk membantu pemasangan listrik secara gratis kepada masyarakat.

Lanjutnya, dalam kondisi seperti Pandemi Covid-19 saat ini, PLN tetap berusaha untuk melayani dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, seperti melakukan penyalaan listrik di desa saat ini untuk meningkatkan rasio elektrifikasi.

Lippo Plaza Kupang Perpanjang Penutupan Hingga 12 Mei

"Namun kami juga menghimbau agar masyarakat tidak perlu ke Kantor PLN untuk mendapatkan pelayanan, tapi bisa menggunakan aplikasi PLN Mobile, Call Center PLN 123, dan Website www.pln.co.id untuk mengakses infomasi pelayanan, seperti melapor gangguan, permohonan pasang baru, perubahan daya, permohonan penyambungan sementara dan lain-lain," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Dinjo, Marthinus Maru Gheda menyampaikan terima kasih juga kepada PLN atas kerja sama yang baik selama ini sehingga lewat dana desa bisa membantu masyarakat untuk pasang Listrik dan sampai saat ini Desa Dinjo tinggal sekitar 100 lebih KK yang belum menikmati listrik dari 374 KK di desa.

Mulai 1 Mei Iuran Peserta BPJS Kesehatan Disesuaikan Untuk Segmen PBPU dan BP

"Alokasi dana lewat ADD untuk pasang listrik kepada warga sejak tahun 2017 sudah kami lakukan walaupun saat itu belum begitu jelas atur terkait penggunaan dana desa untuk pemasangan lisstrik kepada warga. Apalagi saat ini sudah ada Peraturan Menteri Desa (Permendes Nomor 11 Tahun 2019 ) yang mengijinkan," katanya.

Ia juga sangat bangga dan senang karena dengan kebijakan itu pada Desember 2019 dia diundang ke Jakarta mewakili Kabupaten SBD untuk membahas program desa bercahaya.

Kepala Desa Bilacenge, Petrus Pati Dari juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan wewenang untuk mengatur penggunaan ADD dan lewat musyawarah desa memutuskan bahwa kebutuhan untuk penerangan atau listrik adalah kebutuhan pokok dan sangat penting bagi masyarakat dalam rangka menciptakan keamanan, meningkatkan ekonomi atau penghasilan tambahan bagi masyarakat, serta mengurangi tingkat pertumbuhan penduduk.

Hadir dalam kegiatan penyalaan ini Kepala Desa Dinjo dan Kepala Desa Bilacenge, manajemen PLN UP3 Sumba, Yohan Tokael Manager Bagian Pemasaran & Pelayanan Pelanggan Dan Raymond Ratu; Supervisor Administrasi SDM, Ade Setiawan; Supervisor Pelayanan Pelanggan Administrasi PLN ULP Sumba Jaya dan Yanuarius Kahiawa Romu Pejabat K3L PLN ULP Sumba Jaya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Hermina Pello
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved