VIDEO - AMAN Blusukan ke Komunitas Adat Ende, Dari Bagi Masker Hingga Imbau Warga Jaga Stok Pangan

VIDEO - AMAN Blusukan ke Komunitas Adat Ende, Dari Bagi Masker Hingga Imbau Warga Jaga Stok Pangan. Aksi itu dilakukan sejak Rabu 29 April 2020 lalu.

VIDEO - AMAN Blusukan ke Komunitas Adat Ende Dari Bagi Masker Hingga Imbau Warga Jaga Stok Pangan

POS-KUPANG.COM, ENDE - Relawan Darurat Covid-19 dari Aliansi Masyarakat Adat Nusantara, AMAN Wilayah Nusa Bunga,   blusukan ke beberapa Komunitas Adat di Kabupaten Ende,  Provinsi NTT.

Aksi blusukan tersebut untuk memberikan bantuan masker kepada warga sekaligus melakukan edukasi kepada warga terkait petunjuk pencegahan virus corona atau Covid-19.

Tidak hanya itu, AMAN juga mengimbau warga agar menjaga stok pangan lokal dan tidak hidup boros demi mengantisipasi dampak ekonomi dari masifnya penyebaran virus corona di Tanah Air.

VIDEO - Ibu Elizabeth Bao Tahan Semua Pendatang di Posko Covid-19 Desa Nuaja - Ende

VIDEO – Satu ODP di TTU Dipulangkan, Ini Kisahnya Saat Menjalani Karantina di Rusunawa BTN

VIDEO - KM Egon Diizinkan Sandar di Waingapu, Tim Gugus Covid-19 Sumba Timur Perketat Pengawasan

Hari pertama, Rabu (29/4/2020) AMAN blusukan ke Kecamatan Detusoko. Di wilayah itu beberapa desa didatangi, yakni Roa, Saga-Desa Saga, Wolomoni - Desa Niowula, Wolomasi Desa Wolomasi, Sipijena di Desa Sipijena dan Desa Wolofeo.

Hari kedua, Jumat (1/5/2020) AMAN blusukan lagi ke Kecamatan Ende. Di wilayah ini AMAN mengunjungi Komunitas Adat Nua Ja-Desa Nua Ja.

Selain itu Kolibari-Kelurahan Roworena Barat, Wolokaro-Kelurahan Roworena Barat, Ae Isa-Kelurahan Roworena Barat, Nua Naru-Desa Ria Raja, dan Desa Mbotutenda

Kepada POS-KUPANG.COM, Philipus Kami, selaku ketua AMAN Wilayah Nusa Bunga, mengatakan, di desa-desa yang dikunjungi, upaya mengantisipasi virus corona amat variatif.

Ditemui disela-sela aksi bagi-bagi masker di Desa Nua Ja, Kecamatan Ende, dia mengatakan, ada komunitas yang sangat siap, tapi ada juga yang tidak.

Di komunitas adat tertentu, ada pola pengawasan terhadap pelaku perjalanan dari luar, ada Posko Covid-19, juga ada penyemprotan disinfektan di rumah warga.

Halaman
12
Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved