BPJamsostek Lindungi Anggota DPRD Ende

BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek memberikan perlindungan kepada Anggota DPRD Ende, ASN serta Pegawai Honorer di Setda DPRD Ende

BPJS KETENAGAKERJAAN untuk POS-KUPANG.COM
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Ende foto bersama Ketua DPRD Ende, Selasa (28/4) 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek memberikan perlindungan kepada Anggota DPRD Ende dan Aparatur Sipil Negara (ASN) serta Pegawai Honorer di lingkungan Sekretariat DPRD Ende

Kartu peserta BPJamsostek bagi anggota dewan dan pekerja di lingkungan Sekretariat DPRD Ende telah diserahkan secara simbolis oleh Kepala BPJamsostek KCP Ende, Hendi Kurniawan kepada Ketua DPRD Ende Fransiskus Taso di ruang kerjanya, Selasa, (28/4).

Kepala BPJamsostek KCP Ende, Hendi Kurniawan dalam rilis yang diterima dari PIC Komunikasi BPJS Ketenagakerjaan Kupang, Rival Setiyandara, Selasa (28/4) menyampaikan bahwa ruang lingkup pekerjaan anggota DPRD sama seperti pekerja lainnya yang juga sangat riskan terjadi berbagai resiko kerja, seperti, seperti kunjungan kerja di daerah pemilihan, bertemu demonstran atau konstituen dan kunjungan keluar daerah di Indonesia.

"Dengan masuknya anggota DPRD dan pekerja di lingkungan Sekretariat DPRD Ende menjadi peserta BPJamsostek, tentu akan menambah rasa aman mereka dalam melakukan aktivitas pekerjaannya, karena manfaat yang pasti dari program BPJamsostek,"ujarnya.

Anggota Dewan dan para pekerja di lingkungan Sekretariat DPRD Ende dilindungi dua program yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm). Program JKK memberikan perlindungan terhadap resiko kecelakaan kerja mulai dari keluar rumah menuju tempat bekerja hingga kembali kerumah.

Bila terjadi resiko, maka manfaat yang diberikan sesuai dengan aturan yang telah ditandatangani oleh Presiden Jokowi PP 82 tahun 2019 yang merupakan kado istimewa buat pekerja di penghujung tahun 2019, dimana Jokowi telah menaikkan manfaatnya tanpa menaikkan iurannya. Kenaikan manfaat tersebut yakni selain pemberian santunan kematian akibat kecelakaan kerja 48 kali upah yang dilapor juga biaya pengobatan akibat kecelakaan kerja ditanggung unlimited/tanpa batas, biaya angkut transportasi kecelakaan kerja total sampai dengan Rp. 17 juta, layanan homecare selama 1 tahun maksimal Rp. 20 Juta, Santunan Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB) dimana penggantian Upah 100 persen selama 12 bulan pertama, Selanjutnya 50 persen hingga sembuh.

"Yang luar biasa selain dari kenaikan manfaat tersebut juga diberikan beasiswa kepada 2 orang anak korban kecelakaan kerja yang berakibat meninggal dunia atau cacat total tetap mulai dari TK sampai dengan perguruan tinggi dengan total beasiswa Rp 174 Juta dimana sebelumnya hanya 12 Juta sehingga kenaikannya 1.350 persen," kata Hendi.

Sementara kenaikan di PP 82 Tahun 2019 itu tidak hanya sebatas kenaikan manfaat JKK. Manfaat pasti JKm yang akan diterima oleh ahli waris akibat resiko kematian di luar kecelakaan kerja, misal karena meninggal karena sakit sebesar Rp 42 Juta dan juga diberikan manfaat beasiswa dengan total 174 Juta untuk 2 orang anak dengan masa kepesertaan minimal 3 tahun, katanya menambahkan.

Hendi juga mengharapkan dengan masuknya anggota DPRD dan pekerja di lingkungan DPRD Ende menjadi peserta BPJamsostek, dapat menjadi contoh untuk mendorong DPRD yang lain untuk segera menjadi peserta BPJamsostek.

Ketua DPRD Ende Fransiskus Taso menyambut baik kepesertaan BPJamsostek dan akan melengkapi perlindungan bagi anggota dewan dan seluruh pekerja di lingkungan DPRD Ende.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada BPJamsostek, yang memiliki inisiatif dan telah mensosialisasikan manfaat programnya di lingkungan DPRD Ende. Selama ini memang perlindungan bagi anggota dewan dan pekerja di lingkungan DPRD Ende masih minim padahal sebagai pekerja yang nama resiko tidak dapat dihindari, khususnya resiko kecelakaan kerja, dan hal ini positif dalam mendukung kinerja kami pada masyarakat,"ujarnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Hermina Pello)

Penulis: Hermina Pello
Editor: Hermina Pello
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved