Ponsel Anda Mendapat Kiriman Pesan dari Kominfo, Aturan IMEI Sudah Berlaku

Dengan diberlakukannya aturan ini, pemerintah pun mulai mengirimkan pemberitahuan tentang status IMEI pada perangkat yang digunakan lewat pesan singka

Tribunnews
Aturan IMEI mulai berlaku. Pesan dari Kominfo akan masuk ke ponsel Anda. 

Ponsel Anda Mendapat Kiriman Pesan dari Kominfo, Aturan IMEI Sudah Berlaku

POS-KUPANG.COM - Mungkin Anda sudah mendapat pesan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Ya, Pemerintah secara resmi mulai menerapkan aturan pemblokiran ponsel black market ( BM) melalui nomor IMEI pada Sabtu (18/4/2020).

Dengan berlakunya aturan tersebut, ponsel yang secara ilegal masuk ke Indonesia tidak akan bisa terhubung dengan operator seluler.

Peraturan ini sejatinya berlaku ke depan. Artinya, ponsel black market (BM) yang sudah aktif digunakan sebelum 18 April 2020 tidak akan terkena dampak.

Dengan diberlakukannya aturan ini, pemerintah pun mulai mengirimkan pemberitahuan tentang status IMEI pada perangkat yang digunakan lewat pesan singkat.

Notifikasi tersebut akan dikirimkan melalui operator seluler dalam waktu dua minggu ke depan.

"Pengguna perangkat HKT (handphone, komputer genggam dan tablet) akan mendapatkan notifikasi dan pemberitahuan mengenai status IMEI secara bertahap dari operator seluler yang digunakan dalam kurun waktu kurang lebih dua minggu," ungkap Ismail, Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo.

Kendati demikian Ia tidak menjelaskan bagaimana nasib ponsel yang tidak menerima notifikasi tersebut dan apa yang harus dilakukan oleh pemilik ponsel. KompasTekno pun telah menghubungi pihak Kementerian Kominfo namun belum mendapat jawaban.

Ismail juga kembali menegaskan bahwa pengguna ponsel yang saat ini sudah aktif digunakan, tidak perlu melakukan registrasi secara individual. Pasalnya, regulasi ini hanya berlaku bagi ponsel yang diaktifkan dan tersambung ke jaringan seluler setelah tanggal 18 April 2020.

Halaman
1234
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved