BP3TKI Kupang Siap Koordinasi Kepulangan TKI ke NTT  

sembilan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Nusa Tenggara Timur (NTT) telah tiba di Kupang. Sebagiannya masih tertahan di Kota Kupang dan seb

BP3TKI Kupang Siap Koordinasi Kepulangan TKI ke NTT  
POS-KUPANG.COM/Gecio Viana
Siwa SE, Plt Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Kupang.

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Intan Nuka

POS-KUPANG.COM │KUPANG – Sebanyak sembilan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Nusa Tenggara Timur (NTT) telah tiba di Kupang. Sebagiannya masih tertahan di Kota Kupang dan sebagian lain sudah tiba di daerah asal. Para TKI dideportasi oleh daerah tempat mereka bekerja karena adanya pandemi Covid-19 ini.

Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Kupang, Siwa, kepada POS-KUPANG.COM di ruang kerjanya, Rabu (15/4/2020) menjelaskan, BP3TKI Kupang siap memfasilitasi kepulangan para TKI tersebut dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ada.

Namun, tidak bisa memastikan prakiraan jumlah TKI yang akan dipulangkan ke NTT, karena TKI dipulangkan tidak secara serempak dalam jumlah besar. Selain itu, informasi mengenai pemulangan para TKI tersebut selalu diperbaharui setiap harinya melalui grup WhatsApp. “Rata-rata semua yang dipulangkan ini (TKI) ilegal,” katanya.

Jalur Kepulangan TKI asal NTT

Siwa menjelaskan, para TKI yang dipulangkan berjumlah sembilan orang: 2 orang dari Qatar dan 7 orang dari Malaysia. Para TKI asal tempat bekerja Malaysia masuk dalam rombongan 1.061 TKI yang dipulangkan oleh pemerintah Malaysia dengan menggunakan pesawat Malaysia Airlines untuk dua bandara tujuan yakni Jakarta dan Medan. Pemulangan sejumlah TKI dari Malaysia tersebut berlangsung pada 9 dan 10 April 2020. Para TKI asal NTT yang dipulangkan melalui BP3TKI Medan diteruskan oleh Shelter BP3TKI Serang menuju BP3TKI Kupang.

TKI asal NTT tempat bekerja Malaysia yang dipulangkan dari Jakarta ialah seorang pria asal daerah Kabupaten Manggarai. Ia diterbangkan langsung dari Jakarta menuju Labuan Bajo pada Sabtu (11/4/2020). Kemudian, TKI asal NTT tempat bekerja Qatar (yang tidak termasuk dalam rombongan 1.061 TKI di Malaysia) ialah dua perempuan asal Kabupaten Ende yang dipulangkan langsung dari Jakarta menuju Ende pada Minggu, (12/4/2020).

Selanjutnya, pada hari Selasa, (14/4/2020), terdapat enam orang TKI asal NTT yang dipulangkan dari BP3TKI Serang ke Kupang. Keenam orang tersebut yakni seorang laki-laki asal Kabupaten Malaka, seorang perempuan asal Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), dua orang asal Kabupaten Manggarai (laki-laki dan perempuan), seorang laki-laki asal Ende, dan seorang perempuan asal Sumba Barat Daya.

Deretan Daftar Jabatan PNS TNI/Polisi Tak Dapat THR 2020, Diumumkan Presiden Jokowi, yangDapat THR

“Rencananya dua orang TKI asal Ende akan dipulangkan besok, 16 April 2020,” Siwa menambahkan. Ia juga terus menanti kabar kepulangan para TKI menggunakan kapal laut.

Koordinasi Pemulangan TKI terkait Pencegahan Covid-19

Halaman
12
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved