Pemdes Liang Sola Kabupaten Mabar Cegah Penyebaran Covid-19 dengan Penyemprotan Disinfektan

Pencegahan dan upaya antisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) di berbagai daerah di Provinsi NTT gencar dilakukan.

istimewa
Foto bersama dalam penyemprotan disinfektan di Desa Liang Sola, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Kamis (9/4/2020). Area lampiran 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Assale Viana

POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO - Pencegahan dan upaya antisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) di berbagai daerah di Provinsi NTT gencar dilakukan.

Seperti yang dilakukan Pemerintah Desa Liang Sola, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) dengan melakukan penyemprotan disinfektan.

Dalam rilis yang diterima POS-KUPANG.COM, Kamis (9/4/2020), penyemprotan desinfektan yang dilakukan merupakan upaya pemerintah desa dalam melindungi warganya dari pandemi Covid-19.

Kepala Desa Liang Sola, Adrianus Harsi mengatakan, kegiatan tersebut sebagai bentuk keseriusan Pemdes Liang Sola dalam melindungi warga masyarakat terhadap serangan wabah Covid 19.

"Penyemprotan disinfektan dilakukan secara serentak di 12 RT dan 6 Dusun di Desa Liang Sola," katanya.

Tak tanggung tanggung, lanjut Adrianus, tim Siaga Covid19 Desa Liang Sola menurunkan tim di sejumlah RT, agar bisa melayani semua rumah warga dan fasilitas publik seperti SDK Waemata, Paud Fajar Pagi Liang Sola dan Kapela St Yohanes pembaptis waemata.

Adrianus Harsi yang juga Ketua Siaga Covid 19 Desa Liang Sola menyiapkan anggaran dalam penanganan wabah ini melalui APBDes perubahan tahun 2020, setelah sebelumnya melalui musyawarah perubahan APBDes yg dilakukan 4 April 2020 lalu.

"Perubahan APBDes ini sebagai bentuk jawaban atas Edaran Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal Nomor 8 Tahun 2020 terkait Dana Desa Untuk penanganan Covid 19 di Desa dan keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Darurat Kesehatan masyarakat atas Covid-19 dan dipertegas dengan Keputusan Nomor 7 Tahun 2020 tentang Pembentukan Gugus Tugas penanganan Covid-19. Terhadap APBDes Liang Sola merespek dengan sangat baik karena keselamatan dan kesehatan warga adalah mutlak dan menjadi pilihan yang ditawar tawar," jelasnya.

"Karena itu dalam melindungi warga masyarakat di desanya dengan jumlah penduduk 1554 jiwa saat ini," tambahnya.

Halaman
12
Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved