Eksis di Tengah Pandemi Corona, Poktan Purnama Kabupaten Manggarai Timur Panen Padi

Eksis di Tengah Pandemi Corona, Poktan Purnama Kabupaten Manggarai Timur Panen Padi

Eksis di Tengah Pandemi Corona, Poktan Purnama Kabupaten Manggarai Timur Panen Padi
Dok. BBPP Kupang.
Poktan Purnama Kabupaten Manggarai Timur Panen Padi.

Eksis di Tengah Pandemi Corona, Poktan Purnama Kabupaten Manggarai Timur Panen Padi

POS-KUPANG.COM I NOELBAKI-- Pertanian terus bergerak demi menyediakan kebutuhan pangan bagi masyarakat Indonesia agar tetap sehat dan mampu melawan Covid 19.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyerukan dan memberi semangat penyuluh dan petani untuk tetap menggerakkan roda pembangunan sektor pertanian.

Himbauan  ini diperkuat Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi, agar para penyuluh  mendorong petani tetap produktif dalam upaya penyediaan pangan dan memanfaatkan jejaring KOSTRATANI/KOSTRADA/KOSTRAWIL/ KOSTRATANAS melalui AWR, AOR.

Hal ini dimaksudkan untuk mendukung kinerja petani penggarap dan buruh tani untuk tetap bekerja di sawah dan penguatan BPP sebagai Kostratani di tingkat kecamatan.

Hal itu pun yang dilakukan oleh para penyuluh dan petani di Manggarai Barat mereka tetap bekerja menjaga ketersediaan pangan.

Seperti yang di lakukan oleh Poktan Purnama Desa Nanga Labang Kecamatan Borong Manggarai Timur  pada 7 April 2020, Lokasi panen Irigasi Waereca,  panen hr ini : 2,75 ha dari jumlah total Potensi panen :12 ha, Varitas Inpari 13, Priduksi 4,0/ha, Perkiraan masa panen 15 hari,  Harga Gabah Rp. 5.000, harga beras Rp. 11.000.

Penyuluh Pertanian Lapangan sebagai pendamping petani di Desa Nanga Kecamatan Borong, Gervasius Ance, A. Md, menyampaikan, pada umumnya penyuluh di Kabupaten . Manggarai Timur semangat kerjanya tinggi, karena saat ini mereka  masih kerja spt biasa di lapangan walau di tengah merebaknya corona.

P4S KWT Damai Binaan BBPP Kupang Produksi MINYAK VCO

Semangat Petani Tetap Membara Walau Dihantui Wabah Corona

VIDEO - Cegah Corona NTT : Kapolda NTT Sampaikan Apresiasi Untuk Diaspora NTT

Lanjutnya,  panen di bawah terik matahari juga sangat bermanfaat untuk memcegah corona  Dan kami beserta petani tetap memperhatikan himbauan pemerintah tentang protokol pertanian di lapangan untuk meminimalisir penyebaran Corona.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong/Adv-BBPP Kupang).

Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved