Bingung Isi SPT Tahunan? KPP Pratama Kupang Luncurkan Penyuluhan Online,

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kupang meluncurkan fasilitas baru kepada wajib pajak sebagai bentuk inovasi melalui penyuluhan online.

POS-KUPANG.COM/Adiana Ahmad
Kepala KPP Pratama Kupang, Moch.Luqman Hakim 

POS-KUPANG.COM | KUPANG  -Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kupang meluncurkan fasilitas baru kepada wajib pajak sebagai bentuk inovasi melalui penyuluhan online.

Peluncuran fasilitas penyuluhan online ini dimaksudkan agar wajib pajak tetap mendapatkan informasi mengenai perpajakan walaupun sedang ada imbauan dari pemerintah untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan yang menyangkut banyak orang karena pandemic covid-19 yang tengah melanda Indonesia tak terkecuali di Kota Kupang.

Melalui fasilitas ini masyarakat bisa belajar seperti kelas pajak di rumah masing-masing.

Kepala KPP Pratama Kupang, Moch. Luqman Hakim, di Kupang, Senin (6/5), mengatakan masyarakat yang dulunya tidak bisa merasakan kelas pajak, kini bisa dengan mudah mendapatkan kesempatan tersebut melalui fasilitas penyuluhan online ini.

Video Terakhir Glenn Fredly Seperti Tanda Akan Meninggal Dunia: Istriku Tercinta, Semesta Menjagamu

Mengingat wilayah kerja KPP Pratama Kupang yang cukup luas, yaitu Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Alor dan Kabupaten Rote Ndao, penyuluhan online ini dapat menjangkau semua masyarakat di daerah yang jauh untuk mendapatkan materi mengenai perpajakan.

Untuk masyarakat yang ingin mengikuti penyuluhan secara online, dapat mendaftar melalui bit.ly/penyuluhanpajakkupang. Materi yang akan diberikan pun dapat dipilih oleh masyarakat itu sendiri dan dapat menyesuaikan jadwal sesuai kebutuhan.

"Jadi masyarakat bisa kapan saja dan ingin mendapatkan materi apa saja dari penyuluhan online yang diberikan oleh KPP Pratama Kupang," katanya.

Kata Luqman untuk media penyuluhan, KPP Pratama Kupang menggunakan aplikasi Zoom Meeting yang dapat diakses secara gratis oleh seluruh masyarakat. Dalam aplikasi yang disediakan oleh KPP Pratama Kupang tersebut, selain dapat memilih materi dan jadwal sendiri, wajib pajak juga dapat mendownload materi dan tutorial terkait perpajakan.

"Mengingat batas waktu pelaporan SPT Tahunan PPh yang berakhir pada 30 April 2020, wajib pajak yang masih bingung terkait tata cara pengisian SPT dapat mendaftarkan diri dan mengunduh materi terkait tata cara pengisian SPT Tahunan tersebut," jelas Luqman.

Beberapa materi yang akan dibuka dalam kelas pajak online tersebut, diantaranya Tata Cara Pengisian SPT Tahunan 1770S dan 1770SS pada tanggal 8 April dan 15 April, Tata Cara Pengisian SPT Tahunan 1770 pada tanggal 10 April dan 17 April, dan Tata Cara Pengisian SPT Tahunan 1771 Badan Melalui e-Form pada tanggal 21 April dan 23 April.

Ia berharap bahwa dengan adanya peluncuran fasilitas penyuluhan online ini, masyarakat di lingkungan kerja KPP Pratama Kupang tetap bisa mendapatkan ilmu melalui kelas pajak yang dibuka secara online ini walaupun di tengah wabah Covid-19 yang merupakan bencana nasional ini.

"Semoga penyuluhan online ini dapat berjalan lancar sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan wajib pajak. Selain itu, beliau menambahkan untuk seluruh masyarakat dan wajib pajak yang ada di Kupang dan tidak sempat untuk mendaftar atau mengikuti kelas pajak online ini, dapat juga mengikuti materi pada siaran langsung instagram KPP Pratama Kupang yang akan dilaksanakan pada hari Kamis setiap minggunya," tuturnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Hermina Pello
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved