Wabub Marthen Christian Taka Perketat Pengawasan Bandara Tambolaka dan Pelabuhan Weekeloh

Cegah Penularan Virus Corona, Wabub Marthen Christian Taka Perketat Pengawasan Bandara Tambolaka Dan Pelabuhan Weekeloh

Wabub Marthen Christian Taka Perketat Pengawasan Bandara Tambolaka dan Pelabuhan Weekeloh
PK/Petrus Piter
Wabup SBD Christian Taka

Cegah Penularan Virus Corona, Wabub Marthen Christian Taka Perketat Pengawasan Bandara Tambolaka Dan Pelabuhan Weekeloh

POS-KUPANG.COM|TAMBOLAKA--Wakil Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya, Marthen Christian Taka, S.IPem menegaskan, pemerintah memperketat lalu lintas pergerakan orang melalui banda udara Tambolaka, Sumba Barat Daya (SBD) dan Pelabuhan Weekeloh, SBD sehingga setiap orang baru datang terpantau dengan baik.

Selain itu, pihaknya juga membangun komunikasi insentif dengan pemerintahan Sumba Barat, Sumba Tengah dan Sumba Timur untuk saling memberi informasi sehingga memudahkan penanganan virus corona di daerah ini.

Khusus dengan Sumba Timur, koordinasi informasi lebih ditingkatkan mengingat ada sebagian masyarakat Sumba Barat Daya datang ke Sumba melalui bandar udara Mehang Kunda Waingapu, Sumba Timur dan Pelabuhan laut Waingapu, Sumba Timur sehingga warga SBD yang tiba di Waingpu, Sumba Timur langsung diarahkan menuju posko penanganan corona di Tambolaka, Sumba Barat Daya.

Wakil Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya, Marthen Christian Taka, S.IPem menyampaikan hal itu sesaat setelau melantik 26 kepala sekolah SD, SMP dan pengawas lingkup Pemkab SBD di rumah jabatan wakil bupati Sumba Barat Daya, Senin (6/4/2020).

Menurutnya pemerintah daerah tidak memiliki kewenangan menutup bandara Tambolaka dan Pelabuhan Weekeloh demi mencegah menularnya virus corona di daerah ini. Sebab hal itu merupakan kewenangan pemerintah pusat.

Pihaknya juga belum berpikir memberhentikan sementara operasional bus dan kendaraan lainnya antar kabupaten di Pulau Sumba. Walau demikian, pengawasan ketat terhadap lalu lintas kendaraan tetap berjalan baik.

Ia menambahkan berdasarkan hasil rapat bersama empat pemerintahan di Pulau Sumba, memfokuskan pengawasan ketat di bandara dan pelabuhan di Sumba Barat Daya dan Sumba Timur sebagai pintu masuk warga ke Sumba.

Begini Nasib Pembayaran THR dan Gaji ke-13 PNS di Tengah Krisis Keuangan Negara Akibat Corona

Pengawasan ketat pintu masuk di Sumba Barat Daya dan Sumba Timur diharapkan mampu mencegah menularnya virus mematikan corona di daerah ini.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved