Bupati Niga Mengunjungi Posko Covid-19 Wanukaka

Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole terus bergerak mengunjungi Posko Gugus Tugas Covid-19, untuk me

istimewa
CUCI TANG -Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole mencuci tangan ((CTPS) saat mengunjungi Posko Gugus Tugas Covid-19 di Wanukaka, Senin (6/4/2020) 

POS KUPANG.COM, LAHIHURUK -Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole terus bergerak mengunjungi Posko Gugus Tugas Covid-19, untuk memastikan kinerja kerja petugas dan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan mereka.

Di sela pelaksanaan kegiatan pemantauan pelaku perjalanan, Posko Wanukaka mendapat kunjungan Bupati Sumba Barat bersama Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala DPMD, Kepala DKIPS serta Kepala Bagian Protokol, Senin (6/4/2020).

Dalam rilis yang dikirim Kabag Humas dan Protokol, Ridho Samani, Selasa (7/4/2020), saat mengunjungi Posko Gugus Tugas Covid-19 Wanukaka, Bupati Niga Dapawole langsung menuju tempat Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan bersedia antri di belakang pelaku perjalanan yang telah dahulu melakukan CTPS, dengan diikuti oleh seluruh rombongan.

CTPS merupakan sosialisasi berupa edukasi langsung yang dilakukan di Posko Bagian Selatan ini, bagi seluruh pengendara dan penumpang kendaraan roda 2 maupun roda 4 yang melintas menuju wilayah selatan Sumba Barat, dipersilahkan turun dari kendaraan dan diwajibkan CTPS sambil menantikan kendaraan mereka disemprot desinfektan oleh petugas.

Bagi pelaku perjalanan yang dijumpai baru tiba dari luar Sumba, segera didata untuk lebih lanjut diberikan pengarahan agar melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dan melakukan pemeriksaan ke puskesmas terdekat apabila mengalami batuk, pilek, demam dan sakit tenggorokkan.

Saat kunjungan tersebut nampak Camat Wanukaka bersama Danramil Walakaka, Kapolsek Wanukaka, Sekcam Wanukaka, Kepala Desa Waihura dan Kepala Desa Mamodu berada di Posko memantau pelaksanaan kegiatan pemantauan dan penyemprotan oleh petugas.

Kepada Bupati Sumba Barat, Camat Wanukaka, Lukas Lodu Pewu,S.H melaporkan bahwa Posko yang didirikan secara swadaya ini, telah beroperasi sejak Minggu (5/4/2020), oleh tim gabungan dari unsur Kecamatan Wanukaka, Polsek Wanukaka, Koramil Wanukaka serta Puskesmas. Sedangkan desinfektan yang digunakan sebagai bahan dasar penyemprotan adalah bantuan dari Nihi Sumba dan dari Mr. Claude Graves (Haweri Resort).

Camat juga menyampaikan bahwa sudah diperintahkan kepada setiap kepala desa untuk membentuk Tim Gugus Tingkat Desa dan memantau warganya yang baru tiba dari luar daerah, yang melakukan karantina mandiri serta melakukan penyemprotan desinfektan di seluruh rumah warganya.

Atas penyampaian Camat Wanukaka, Bupati Niga Dapawole memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas inisiatif pihak Kecamatan Wanukaka yang telah memikirkan langkah pencegahan penyebaran COVID-19 di wilayahnya dengan membuat posko.

Lebih Lanjut Bupati Niga Dapawole berterima kasih kepada Danramil dan Kapolsek Wanukaka atas dukungan yang diberikan dan meminta agar semua dapat bekerjasama dari tingkat kabupaten sampai desa dan dusun untuk bersama-sama mencegah penyebaran corona.

Pada kesempatan tersebut Bupati Niga Dapawole mengimbau para pelaku perjalanan untuk tidak takut-takut diberhentikan kendaraannya oleh petugas dan meminta mereka melakukan CTPS.

"Kita harus terus menerus mengedukasi masyarakat agar hidup bersih dan cuci tangan menjadi budaya yang harus terus menerus dilakukan," kata Bupati Niga Dapawole.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan, dr. Bonar Sinaga juga meminta kepada Camat Wanukaka untuk menyampaikan kepada para kepala desa agar dapat membantu memantau para pelaku perjalanan di wilayahnya masing-masing yang sedang isolasi mandiri, terutama yang datang dari zona merah untuk tidak berkeliaran. (Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gerardus Manyella)

CUCI TANG -Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole mencuci tangan ((CTPS) saat mengunjungi Posko Gugus Tugas Covid-19 di Wanukaka, Senin (6/4/2020)
CUCI TANG -Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole mencuci tangan ((CTPS) saat mengunjungi Posko Gugus Tugas Covid-19 di Wanukaka, Senin (6/4/2020) (istimewa)
sumba barat Petugas Posko Wanukaka menyemprotkan de
DESINF
DESINFEKTAN -Petugas Posko Wanukaka menyemprotkan desinfektan pada kendaraan saat melintasi wilayah Wanukaka.
DESINFEKTAN -Petugas Posko Wanukaka menyemprotkan desinfektan pada kendaraan saat melintasi wilayah Wanukaka. (istimewa)
EKTAN -Petugas Posko Wanukaka menyemprotkan desinfektan pada kendaraan saat melintasi wilayah Wanukaka.
Penulis: Gerardus Manyela
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: PC Plus
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved