Pemkab Belu Siapkan Dana Penanganan Covid 19 Senilai Rp 15, 1 M, Ini Pemanfaatannya.

Pemerintah Kabupaten Belu mengalokasikan anggaran untuk percepatan penanganan virus corona atau covid 19 senilai Rp 15, 1 M lebih

POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Ketua Pelaksana Gugas Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Belu, Marsel Mau Meta (kedua dari kiri) saat memberikan keterangan pers, Senin (6/4/2020). 

Pemkab Belu Siapkan Dana Penanganan Covid 19 Senilai Rp 15, 1 M. Ini Pemanfaatannya.

POS-KUPANG.COM| ATAMBUA--Pemerintah Kabupaten Belu mengalokasikan anggaran untuk percepatan penanganan virus corona atau covid 19 senilai Rp 15, 1 M lebih.

Dana ini diperuntukan bagi penanganan covid 19 di Kabupaten Belu yang meliputi tiga bidang utama yakni, penanganan kesehatan, penanganan dampak ekonomi dan penyediaan jaring pengaman sosial.

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Belu yang juga Ketua Pelaksana Gugus Tugas, Marsel Mau Meta kepada wartawan saat konferensi pers yang digelar di Posko Covid 19, Senin (6/4/2020).

Menurut Marsel, Pemerintah Kabupaten Belu mengalokasikan anggaran penanganan covid 19 senilai Rp 15,1 M. Dana tersebut dimanfaatkan untuk penanganan covid 19 dengan fokus penanganan kesehatan, penanganan dampak ekonomi dan penyediaan jaring pengaman sosial (JPS).

Dana senilai Rp 15,1 M lebih ini diploting ke empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yakni, Dinas Kesehatan, RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Satuan Polisi Pamong Praja.

Pemanfaatan dana ini berbasis usulan dari ODP. Untuk itu, empat ODP tersebut sedang menyusun sejumlah penggunaan anggaran agar dalam waktu dekat diajukan kepada Bupati Belu sehingga bisa dicairkan.

Menurut Marsel, dana penanganan covid 19 ini bersumber dari APBD Kabupaten Belu dengan melakukan realokasi dan refocusing anggaran, seperti anggaran pembebasan lahan Bendungan Welikis senilai Rp 10 miliar, anggaran perluasan Bandara A.A Bere Tallo Rp. 1.480.500.000, anggaran pengadaan tiga unit Videotrone pada Bapenda sebesar Rp 381.503.209, pergeseran anggaran DAK RSUD Mgr. Gabriel Manek Atambua Rp. 2.560.213.036.

Pergeseran Dana Alokasi Khusus (DAK) pada Dinas Kesehatan Rp. 241.399.211, pergeseran anggaran kegiatan non-DAK Dinkes Rp. 482.212.900, serta pergeseran anggaran pengadaan fasilitas Satpol PP sebesar Rp. 110.500.000.

Khusus anggaran penanganan dampak ekonomi akibat Covid 19 ini akan dilakukan melalui dua pola yakni, bantuan sosial dan hibah.

Saat ini, OPD yang mengkoordinir bidang pengendalian dampak sosial dan ekonomi, yakni BPBD dan Dinas Sosial akan melakukan pendataan masyarakat yang terkena dampak sosial dan ekonomi covid 19.

Usulan dari OPD akan disampaikan kepada Bupati supaya anggaran bisa dicairkan segera guna menangani dampak sosial dan ekonomi yang dirasakan masyarakat saat ini akibat covid 19. Setelah uang sudah ditrasnfer kepada OPD maka selanjutnya OPD segera merealisasikan anggaran kepada masyarakat.

Marsel mengungkapkan, anggaran penangan covid 19 akan bertambah sesuai kebutuhan daerah. Apalagi untuk penanangan dampak sosial dan ekonomi membutuhkan anggaran tidak sedikit. Pemerintah sudah mensiasati sumber anggarannya dari beberapa pos termasuk perjalanan dinas ASN dan juga DPRD yang belum terealisasi. Sedangkan dana perjalanan yang sudah terpakai diharapkan agar segera menyampaikan SPJ.

INNALILLAHI, Kabar Duka, Ahli Seksologi dr Naek L Tobing Meninggal Dunia Akibat Covid-19

VIDEO – Bandara Soa-Ngada, Flores-NTT, Disemproti Cairan Disinfektan, Cegah Covid-19

Paroki St. Josep Pekerja Penfui Gelar Pelayanan Sakramen Maha Kudus Di Setiap Rumah

Marsel menambahkan, pengalokasikan anggaran senilai Rp 15,1 M ini sudah disampaikan kepada DPRD Belu. Semua anggaran ini tertampung di pos anggaran tidak terduga pada APBD Perubahan tahun 2020. Manakala di pos anggaran tidak terduga pada APBD Perubahan 2020 tidak tertampung, maka bisa dibawa ke APBD murni tahun 2021. (Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved