News

Sedih, Gara-gara Corona, Mabar Kehilangan Retribusi Rp 5 Miliar karena Destinasi Wisata Ditutup

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) memperpanjang penutupan destinasi wisata di daerah tersebut, Jumat (3/4).

POS-KUPANG.COM/SERVATINUS MAMMILIANUS
Pemandangan di dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), tepatnya di Pantai Pulau Padar beberapa waktu lalu. 

 Laporan Wartawan Pos Kupang, Com, Gecio Viana

POS KUPANG, COM, LABUAN BAJO - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) memperpanjang penutupan destinasi wisata di daerah tersebut, Jumat (3/4).

Penutupan sejumlah destinasi wisata di luar Taman Nasional Komodo (TNK) itu diperpanjang hingga 29 Mei 2020 mendatang.

Sebelumnya, penutupan destinasi wisata di Kabupaten Mabar dilakukan selama dua pekan sejak 23 Maret hingga 6 April 2020.

"Setelah kami lakukan evaluasi dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19), kami perpanjang lagi sampai 29 Mei 2020 sebagaimana arahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana," kata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Mabar, Agustinus Rinus saat dihubungi per telepon pada Jumat siang.

Pihaknya pun akan secara berkesinambungan melakukan evaluasi terkait hal tersebut.

"Nanti kami akan evaluasi terus. Bisa saja kebijakan ini akan dibuka jika penyebaran virus Corona tidak terlalu masif di NTT," katanya.

Saat ditanya berapa jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Mabar, Agustinus menjelaskan, jumlah kunjungan wisatawan menurun drastis pasca merebaknya wabah virus Corona.

"Data bulan Maret sementara kami rekapitulasi, pada intinya, wisatawan mancanegara menurun sangat drastis, jika diperkirakan sampai 29 Mei 2020, daerah kehilangan sekitar Rp 4 milyar sampai Rp 5 miliar Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi," ungkapnya.

Selain itu, Marianus ju

Restaurant di halaman belakang Hotel Luwansa Labuan Bajo
Restaurant di halaman belakang Hotel Luwansa Labuan Bajo (POS-KUPANG.COM/SERVATINUS MAMMILIANUS)
Halaman
12
Penulis: Gecio Viana
Editor: Benny Dasman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved