News

Duh, Corona Belum Habis, Bupati TTS Harus Tangani Bencana Gagal Panen, Ini Jumlah KK Terdampak

Tanaman jagung petani di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) seluas 1.210 hektare (ha) mengalami gagal panen karena curah hujan minim.

tribunnews
Gagal panen akibat kemarau 

 Laporan Wartawan Pos Kupang, Com, Dion Kota

POS KUPANG, COM, SOE - Tanaman jagung petani di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) seluas 1.210 hektare (ha) mengalami gagal panen karena curah hujan minim.

Lahan tanaman jagung yang mengalami gagal panen tersebar di lima desa dengan rincian, Desa Toineke 321 ha, Desa Tuafanu 416 ha, Desa Kiufatu 354 ha, Desa Oni 47 ha dan Desa Kualin 63 ha.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten TTS, Otniel Neonane, membenarkan adanya kasus gagal panen di wilayah selatan TTS. Namun, menurutnya, luasan area yang mengalami gagal panen jumlahnya sangat kecil jika dibandingkan dengan luas area tanaman jagung Kabupaten TTS.

"Luas area tanaman jagung kita ada 74 ribu hektar lebih, yang mengalami gagal panen hanya 1.210 ha. Kasus gagal panen ini karena curah hujan yang kurang sehingga tanaman jagung warga tidak berbuah," ungkap Otniel di ruang kerjanya, Jumat (27/3).

Di lokasi yang mengalami gagal panen, diakui Otniel, akan diarahkan untuk menanam aneka sayuran memanfaatkan sisa curah hujan yang ada.

"Akan akan bantu benih sayuran untuk arahkan masyarakat yang mengalami gagal panen agar bisa menanam sayuran," jelasnya.

Margareta sedang menunjukkan tanaman padinya yang kekurangan air dan terancam gagal panen.
Margareta sedang menunjukkan tanaman padinya yang kekurangan air dan terancam gagal panen. (POS KUPANG/DION KOTA)

Ketika ditanyakan terkait hasil ubinan panen jagung di TTS, Otniel mengatakan, rata-rata mencapai 4 ton per hektar. Bahkan di lahan yang masuk program tanam jagung panen sapi mampu menghasilkan hingga 6 ton per hektare.

"Hasil panen jagung kita tahun ini cukup bagus. Sebelumnya kita agendakan untuk panen perdana tapi dengan adanya virus corona terpaksa kita batalkan agenda tersebut," sebutnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan TTS, Yupiter Pah, juga membenarkan adanya kasus gagal panen di wilayah selatan TTS. Sebanyak 2.236 kepala keluarga (KK) menjadi korban dari kasus gagal panen tahun ini.

Halaman
12
Penulis: Dion Kota
Editor: Benny Dasman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved