IAKMI Sebut Indonesia Alami Darurat Kesehatan Masyarakat, Pemda Harus Tegas Terkait Virus Corona

Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) menyebut bahwa Indonesia kini telah mencapai tahapan Darurat Kesehatan Masyarakat

POS-KUPANG.COM/Dokumen Pribadi
Ahli Kesehatan Masyarakat, Dr. dr. Hyronimus Fernandez 

Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Sebut Indonesia Alami Darurat Kesehatan Masyarakat Akibat Wabah Corona, Pemerintah Daerah Harus Tegas

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) menyebut bahwa Indonesia kini telah mencapai tahapan Darurat Kesehatan Masyarakat akibat wabah Virus Corona (Covid-19). 

Karenanya IAKMI meminta pemerintah daerah harus tegas dalam melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus Covid-19 sesuai dengan protokol kesehatan. 

"Pemerintah (daerah) terutama di kabupaten, kecamatan dan desa harus tegas. Karena akan banyak korban berjatuhan jika masyarakat tidak patuh," ungkap Ketua Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia Daerah Nusa Tenggara Timur, dr. Hironimus Fernandez kepada POS-KUPANG.COM pada Jumat (3/4/2020) siang. 

Selain pemerintah yang harus tegas, pihak kepolisian Daerah pun harus memastikan bahwa Maklumat Kapolri tentang upaya pencegahan dan penanganan virus Corona dipatuhi oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Kepolisian (daerah) juga harus pastikan Maklumat Kapolri dipatuhi," katanya. 

Hal ini, jelas Fernandez, karena dalam situasi pandemi Virus Corona, kecepatan infeksi, angka kematian, dan dampak langsung maupun tidak langsung akibat penyakit ini sangat dirasakan masyarakat luas di seluruh penjuru tanah air.

Ia menjelaskan, kondisi Kedaruratan  Kesehatan Masyarakat" akibat pandemi itu berbeda dengan (atau tidak sama) dengan "Kedaruratan Medik". Hal tersebut karena membawa ancaman yang lebih luas. 

"Di sini ancamannya lebih luas pada berbagai aspek dari populasi, baik dari segi kesehatan,  sosial, ekonomi, macam macam ancaman lain," katanya. 

Ia mengatakan, IAKMI pun telah mengeluarkan pernyataan sikap Darurat Kesehatan Masyarakat yang isinya menyatakan bahwa Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia dan seluruh tenaga kesehatan masyarakat lainnya menyatakan kesiapan untuk menjadi garda terdepan dalam penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) bersama pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat. 

Halaman
12
Penulis: Ryan Nong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved