News

Perumda Tirta Komodo Manggarai Bangun Sarana Cuci Tangan di Pasar Iteng untuk Basmi Covid-19

Perumda Tirta Komodo melakukan aksi nyata memasang sarana cuci tangan di Pasar Iteng, Kecamatan Satar Mese, Manggarai, Jumat (27/3) pagi.

POS-KUPANG.COM/Aris Ninu
Direktur Perumda Air Minum Bersih Tirta Komodo, Man Klemens 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Com, Aris Ninu

POS KUPANG, COM, RUTENG -Perumda Air Bersih Tirta Komodo Manggarai sebagai badan usaha milik daerah (BUMD) dalam rangka penanganan antisipasi wabah corona di Manggarai juga berperan memberikan edukasi hidup sehat dan bersih bagi warga.

Perumda Tirta Komodo melakukan aksi nyata memasang sarana cuci tangan di Pasar Iteng, Kecamatan Satar Mese, Manggarai, Jumat (27/3) pagi.

Pemasangan sarana cuci tangan ini dibenarkan Direktur Perumda Tirta Komodo Manggarai, Klemens Man saat dihubungi Pos Kupang di Ruteng, Sabtu (28/3) siang.

Ia menjelaskan, Perumda Tirta Komodo memiliki tanggungjawab sosial kepada masyarakat Manggarai sehingga menyiapkan sarana cuci tangan di tempat umum.

PENYEMPROTAN-Penyemprotan disinfektan di rumah warga di Kecamatan Langke Rembong, Manggarai.
PENYEMPROTAN-Penyemprotan disinfektan di rumah warga di Kecamatan Langke Rembong, Manggarai. (istimewa)

"Perlu saya sampaikan, Perumda Tirta Komodo IKK Iteng di Kecamatan Satar Mese melakukan pemasangan sarana cuci tangan di Pasar Iteng, Kecamatan Satar Mese, Manggarai bertujuan untuk menyediakan sarana cuci tangan bagi para penjual dan pembeli di Pasar Iteng. Cuci tangan yang benar pakai sabun merupakan satu dari sekian upaya mencegah potensi penyebaran Covid-19 di Kecamatan Satar Mese," ujar Klemens.

Mengantisipasi penyebaran Covid 19, Pemerintah Kabupaten Manggarai melalui Komando Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai terus melakukan melalui pemeriksaan atau screening bagi warga yang masuk di Kabupaten Manggarai.

Selain itu, warga yang telah melakukan perjalanan pulang dari daerah terpapar (Pelaku Perjalanan) dihimbau untuk memeriksakan diri di fasilitas kesehatan terdekat atau di RSUD Ben Mboi Ruteng jika mengalami gejala, seperti demam, batuk, pilek atau sesak napas.

Juru Bicara Komando Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, Lodovikus D. Moa dalam rilis kepada wartawan di Ruteng, Sabtu (28/3) pagi, menjelaskan, rangkaian kegiatan dan himbauan tersebut dilakukan untuk memastikan sejauh mana perkembangan situasi Covid-19 di daerah ini.

Sebagaimana diketahui, beberapa hari sebelumnya tercatat di Manggarai ada 6 ODP (yang kini kondisinya berangsur membaik) dan 1 Pasien Dalam Pengawasan (PDP). PDP tersebut meninggal dunia di RSUD Komodo pada hari Rabu, 25 Maret 2020 dan hingga kini masih belum diketahui hasil pemeriksaan/tes swab-nya sehingga belum dapat dipastikan apakah positif atau negatif corona.

Ia menjelaskan, bertambahnya jumlah ODP Covid-19 di Manggarai diharapkan tidak membuat masyarakat menjadi panik.*

Penulis: Aris Ninu
Editor: Benny Dasman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved