News

Pemkab TTU Kucurkan Dana Rp 1,3 Miliar Siapkan RSUD Kefamenanu jadi Second Line Rujukan Covid-19

Tahap pertama kita cairkan Rp 1,3 miliar. Apabila menemukan kasus bertambah atau ada kasus yang positif, tidak menutup kemungkinan mencairkan lagi

POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Bupati TTU Raymundus Sau Fernandes, S.Pt 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Com, Tommy Mbenu

POS KUPANG, COM, KEFAMENANU - Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) sudah mencairkan dana Rp 1,3 miliar untuk Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kefamenanu dalam rangka penanganan penyebaran dan pencegahan virus corona.

Dana sebanyak itu nantinya digunakan untuk menyiapkan RSUD Kefamenanu sebagai rumah sakit second line rujukan penderita Covid-19 sesuai surat keputusan gubernur NTT.

"Kemarin baru dikucurkan dana kurang lebih Rp 1,3 miliar untuk dinas kesehatan dan rumah sakit umum sehingga nantinya bisa menggunakan biaya tersebut untuk mempersiapkan rumah sakit sebagai second line rujukan," ujar Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes, beberapa waktu lalu.

Bupati Ray mengatakan, Pemkab TTU memiliki anggaran dari pos tak terduga sebesar Rp 1,5 miliar. Anggaran tersebut nantinya akan digunakan untuk penanganan penyebaran virus corona.

Bupati Ray mengungkapkan, karena RSUD Kefamenanu ditunjuk sebagai salah satu dari 11 rumah sakit second line di NTT, pihaknya mengucurkan Rp 1,3 miliar terlebih dahulu untuk menyiapkan RSUD Kefamenanu.

"Tahap pertama kita cairkan Rp 1,3 miliar. Apabila menemukan kasus bertambah atau ada kasus yang positif, tidak menutup kemungkinan mencairkan lagi dana ini," ungkapnya.

Dijelaskan Ray, dana tersebut digunakan untuk menyiapkan fasilitas di rumah sakit umum seperti fasilitas untuk pencegahan, penyemprotan dan biaya para dokter yang menangani pasien Covid-19.

"Jadi saya sudah minta direktur untuk memikirkan itu. Tidak usah pikirkan biaya. Gunakan dulu biaya yang kemarin sudah dicairkan dari kas daerah untuk rumak sakit umum dan dinas kesehatan supaya menyiapkan rumah sakit sebagai second line rujukan," pungkasnya. *

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Benny Dasman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved