Akibat Covid-19, Ini Keluhan Seorang Dosen Tidak Tetap di Sumba Timur Dengan Mengajar Online

Pemerintah harus menginstruksikan untuk dirumahkan para pelajar/mahasiswa guna memutuskan mata rantai penularan virus

Akibat Covid-19, Ini Keluhan Seorang Dosen Tidak Tetap di Sumba Timur Dengan Mengajar Online
POS-KUPANG. COM/Sreenshoot
Bukti proses ngajar dengan mengirim video mengajar melalui pesan WatsApp.

Akibat Covid-19, Ini Keluhan Seorang Dosen Tidak Tetap di Sumba Timur Dengan Mengajar Online

POS-KUPANG. COM | WAINGAPU----Akibat wabah penyakit covid-19 atau corona virus yang melanda dunia dan Indonesia saat ini, membuat Pemerintah harus menginstruksikan untuk dirumahkan para pelajar/mahasiswa guna memutuskan mata rantai penularan virus mematikan ini, namun kegiatan belajar mengajar tetap berjalan dengan sistem online.

Namun sistem online ini rupahnya tidak mendukung di Sumba Timur, sebab masih banyak pelajar/mahasiswa tidak memiliki handphone android, tidak memiliki paket internet dan banyak daerah yang belum memiliki signal internet.

Salah seorang Dosen Tidak Tetap Unkriswina Sumba Nico Pandarangga kepada POS-KUPANG.COM, Senin (30/3/2020) mengaku, ia kesulitan untuk mengajar mahasiswa via online, sebab banyak mahasiswa tidak memiliki handphone android, tidak memiliki paket internet dan banyak daerah yang belum memiliki signal internet.

"saya mau ngajar via online ke mahasiswa Unkriswina, tapi mereka kesulitan sarana HP yang terbatas dan paket internet, apalagi banyak mahasiswa dari kampung yang tidak ada signal internet,"tulis Nico di pesan WatsApp.

Dikatakan Nico, ia juga mencoba mengajar yang sederhana dengan merekam video lalu dikirim ke mahasiswa, namun juga kesulitan sebab kapasitas handphone terbatas.

"Saya mau coba tawarkan pada mahasiwa pakai media aplikasi Webex Meet, untuk ngajar online, semoga mahasiswa semua bisa," kata Nico.

Virus Corona, Pendatang Baru Dari Daerah Terpapar Diminta Karantina Mandiri

Sekda Lembata : Apotek Jangan Naikan Harga Sepihak, Izin Bisa Dicabut

Usai Diciduk, Penyebar Hoaks Corona di TTS Minta Maaf

Surat Imbauan Uskup Agung Kupang, Umat Diminta Siapkan Lilin dan Salib Saat Misa Daring

Meskipun banyak menemukan kesulitan dalam mengajar lewat online, kata Nico, sebagai dosen tetap diupayakan untuk bisa kuliah sistem online. Hal ini diupayakan guna menghadapi dijaman digital 4.0 saat ini, jika tidak maka akan ketinggalan. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved