Operasi Pembubaran Kerumunan Massa Cegah Corona, Kapolres Kupang Kota : Warga Kooperatif

polres Kupang Kota tetap mengedepankan himbauan dan tindakan yang humanis dalam melaksanakan operasi dalam rangka gerakan kewaspadaan

PK/Ryan
Kapolres Kupang Kota AKBP Satrya Perdana P Tarung Binti, SIK saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (16/1/2020). 

Operasi Pembubaran Kerumunan Massa Cegah Corona, Kapolres Kupang Kota : Warga Kooperatif Ikut Himbauan 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Pihak Polres Kupang Kota terus menggelar operasi rutin untuk pembubaran kegiatan yang menimbulkan kerumunan massa di seluruh wilayah Kota Kupang. Operasi tersebut tidak hanya digelar pada siang hari tetapi juga rutin digelar pada malam. 

Operasi yang dilakukan untuk mencegah dan menanggulangi penyebaran Virus Corona di Kota Kupang itu dipimpin Kapolres Kupang Kota AKBP Satrya Perdana PT Binti. 

Kegiatan yang digelar untuk menindaklanjuti Maklumat Kepala Kepolisian Negara RI No. Mak/2/III/2020 tentang Kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (Covid 19) serta Surat edaran pemerintah baik Pemerintah Provinsi NTT maupun Pemerintah Kota Kupang itu dilaksanakan oleh seluruh jajaran hingga di tingkatan Polsek. 

"Kita laksanakan operasi ini hingga di tingkat Polsek untuk mengurai dan membubarkan warga yang masih berkerumun," ujar Kapolres Kupang Kota AKBP Satrya Perdana ketika dihubungi POS-KUPANG.COM pada Minggu (29/3/2020). 

AKBP Satrya mengatakan, operasi tersebut telah digelar secara rutin sejak 19 Maret 2020 silam dan akan terus digelar setiap hari di wilayah hukum Polres Kupang Kota termasuk di wilayah yang jadi titik keramaian seperti TDM, Bundaran Patung Tirosa, Oebufu, Oesapa dan Kuanino.

Hingga saat ini, kata AKBP Satrya, operasi berjalan kondusif. Warga Kota Kupang Kooperatif terhadap aparat kepolisian selama operasi. 

"Hingga saat ini warga kooperatif, kita temukan ada sedikit kerumunan kita himbau untuk membubarkan diri. Tidak ada perlawanan atau gesekan kepada anggota," ujar AKBP Satrya. 

Ia mengatakan, pihak Polres Kupang Kota tetap mengedepankan himbauan dan tindakan yang humanis dalam melaksanakan operasi dalam rangka gerakan kewaspadaan terhadap Coronavirus. 

"Kita selalu datang dan himbau dan kita tunggu sampai mereka (warga) membubarkan diri, memang ada satu dua  yang kumpul tetapi kita himbau dan mereka mau ikut," tambahnya. 

Selain operasi rutin pembubaran massa, Pihak Polres Kupang Kota juga tidak menerbitkan lagi surat izin keramaian selama periode waspada Corona.

Kapolres juga menghimbau kepada masyarakat Kota Kupang untuk memahami situasi dan mengikuti himbauan pemerintah dan pihak keamanan dalam masa waspada Corona. 

Mantan Presiden SBY Dinyatakan Negatif Corona, Tapi Dua Putranya AHY dan Ibas Begini

"Kita himbau masyarakat untuk menjaga kesehatan dan menghindari berkumpul. Kita harap masyarakat keluar untuk keperluan yang penting saja serta selalu menggunakan masker dan helm. Dan yang penting untuk tidak mengadakan kegiatan yang mengumpulkan masa," katanya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved