Corona di kupang

Pemkot Kupang Siapkan Dana Darurat 1 Milyar Digunakan untuk Pengadaan APD

Dana darurat (emergency fund) Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang sebesar Rp1Milyar akan digunakan untuk pengadaan Alat Pelindung Diri

POS-KUPANG.COM/LAUS MARKUS GOTI
drg. Retnowati Kadis Kesehatan Kota Kupang di ruang kerjanya, Senin (9/9/2019). 

Dana Darurat 1 Milyar Digunakan untuk Pengadaan APD

POS-KUPANG.COM - KUPANG -- Dana darurat (emergency fund) Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang sebesar Rp1Milyar akan digunakan untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis dan tenaga kesehatan (nakes) lainnya.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang drg Retnowati, Kamis (26/3/2020).

"Jadi diprioritaskan untuk pengadaan APD, terutama di RSUD S. K Lerik, puskesmas, dan lainnya. Sekarang RSUD S. K Lerik juga sudah diberikan SK dari Gubernur NTT sebagai rumah sakit rujukan perawatan PDP," ujar Retno.

Alat alat yang menjadi prioritas, lanjut Retno, antara lain pakaian pelindung diri, hand sanitizer, masker wajah, dan menyiapkan ruangan dengan tekanan negatif.

Sementara itu, Direktris RSUD S. K Lerik dr Marsiana Y Halek mengaku sedang mempersiapkan dua ruang isolasi dengan tekanan negatif. Tersedia lima tempat tidur di dalamnya. "Saat ini sementara dipersiapkan, ditargetkan akan selesai dalam waktu satu atau dua hari ini," jelasnya.

Hal tersebut membuat Diana Bire, anggota DPRD Kota Kupang angkat bicara. Ia meminta RSUD S.K Lerik mempersiapkan ruangan isolasi dengan cepat dengan beberapa ruangan tambahan. "Rumah Sakit S. K Lerik menjadi rujukan perawatan PDP maupun ODP, jadi harus siap dengan baik," tegasnya.

Selain itu, politisi dari Partai Hanura ini juga meminta agar semua tenaga medis dan nakes melakukan tes sebelum menangani ODP dan PDP. Menurutnya, hal tersebut penting mengingat tidak semua orang yang terinfeksi menunjukkan gejala. "Mereka harus dipastikan sehat baru bisa turun untuk melayani pasien," tandasnya.

UPDATE CORONA DI NTT, TNI - Polri di Belu Lakukan Penyemprotan Hydro Clorin di Fasilitas Publik

UPDATE CORONA DI NTT : Inilah Jumlah ODP Terkini, Dua Kabupaten Terbanyak di NTT dan Sebarannya

Diana juga berharap dana darurat benar-benar digunakan untuk APD bagi nakes dan tenaga medis. "Kalau ini perang, maka pasukan perang di garda depan harus dilengkapi dengan senjata yang canggih," pungkasnya.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM Intan Nuka

Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved