Update Corona Manggarai Barat

Dampak Covid, Pemkab Mabar Bebaskan Pajak Daerah Bagi Hotel,Restoran & Tempat Hiburan Selama 4 Bulan

menyusul dampak penanganan penyebaran virus Corona Covid-19 di daerah itu sehingga mengakibatkan lesunya sektor pariwisata.

POS KUPANG.COM/GECIO VIANA
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Mabar, Salvador Pinto saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (28/3/2020). 

Dampak Covid-19, Pemkab Mabar Bebaskan Pajak Daerah Bagi Hotel, Restoran dan Tempat Hiburan Selama 4 Bulan

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat (Mabar) membebaskan pembayaran pajak daerah bagi hotel, restoran dan tempat hiburan di daerah itu selama 4 bulan.

Kebijakan ini diambil menyusul dampak penanganan penyebaran virus Corona Covid-19 di daerah itu sehingga mengakibatkan lesunya sektor pariwisata.

Demikian disampaikan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Mabar, Salvador Pinto saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (28/3/2020).

"Dampak dari virus Corona (Covid-19) juga berdampak pada fasilitas pariwisata ditutup, sehingga pemerintah daerah membebaskan pajak daerah. Pajak hotel, pajak restoran dan pajak hiburan kami dibebaskan selama 4 bulan ke depan, ini merupakan bagian dari stimulus Pemda untuk dunia usaha, terutama usaha pariwisata. Mulai bulan Maret-Juni 2020," katanya.

Diakui Pinto, 4 bulan pembebasan pajak daerah itu disesuaikan dengan masa penanganan Covid-19 dan memberikan kesempatan bagi pelaku usaha untuk berkembang di tengah ancaman penyebaran virus Corona.

"Sehingga ketika para pelaku usaha ini merumahkan karyawannya masih bisa bergerak atau beroperasi. Kami berpikir seperti itu, kebijakan pembebasan ini sudah ada, bupati sudah setuju dan sudah ada keputusan bupati," paparnya.

Kebijakan pembebasan pajak daerah yang diambil, lanjut Pinto, memiliki dasar hukum yakni Undang-Undang Nomor 28 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Selain itu, Pinto menjelaskan bahwa dampak virus Corona terhadap pemasukan pajak daerah sangat signifikan.

Cegah Penyebaran Civid -19, Pemkab Kabupaten Sumba Tengah Semprot Desinfektan

RST Wirasakti Kupang Terima Bantuan Tandon Air dari Komunitas ETIKA

Raffi Ahmad Terkejut Lihat Saldo Tabungan Nagita Slavina, Gritte Agatha Sampai Terbahak-bahak

"Analisa penerimaannya itu iya, ada penurunan di mana pada bulan Januari, penerimaan daerah sekitar Rp 10 milyar, bulan Februari agak menurun sekitar Rp 9 milyar. Saya pastikan jika dipaksakan bulan Maret maka akan turun jauh, sehingga kami bebaskan," katanya.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Assale Viana)

Penulis: Gecio Viana
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved