Corona di NTT

Dinas Parekraf NTT Minta Pengelola Hotel Siapkan Bilik Disenfektan

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Provinsi NTT meminta para pengelola hotel di NTT agar menyiapkan bilik disenfe

Dinas Parekraf NTT Minta Pengelola Hotel Siapkan Bilik Disenfektan
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Kepala Dinas Parekraf NTT, Ir. Wayan Darmawa,M.T 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/KUPANG - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Provinsi NTT meminta para pengelola hotel di NTT agar menyiapkan bilik disenfektan di masing-masing hotel.
Upaya ini sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus Corona /Covid-19.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Parekraf NTT, Ir. Wayan Darmawa,M.T, Jumat (27/3/2020).
Menurut Wayan, pihaknya menyurati semua pengelola hotel di NTT agar menyiapkan bilik atau tempat disenfektan di setiap hotel.

Hal ini menindaklanjuti arahan Pemerintah Pusat tentang upaya penanggulangan dampak menyebarnya virus Corona terhadap sektor pariwisata.

Wander Top Skor, Persib Bandung Berada di Puncak Klasemen Liga 1 2020, Ini Prestasi Awal Maung

"Juga imbauan Gubernur Nusa Tenggara Timur Nomor: BU.443/04/KOMINFO/2020 tentang Pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Provinsi Nusa Tenggara Timur," kata Wayan.

Wayan menjelaskan, beberapa hal yang disampaikan kepada pengelola hotel, yakni
memastikan agar personil pengelola Hotel dan penginapan maupun fasilitas yang tersedia selalu dalam keadaan bersih dan hygienis.

"Terkait hal itu, agar memastikan tersedianya sarana-prasarana penunjang pencegahan penyebara COVID-19 yaitu bilik disinfektan pada area pintu masuk/ lobby hotel guna menghilangkan kuman dan bakteri ataupun virus yang menempel pada tamu pengunjung hotel," katanya.

Dikatakan, pengelola hotel juga perlu memastikan bahwa setiap personil pengelola hotel maupun tamu pengunjung hotel selalu menggunakan fasilitas bilik disinfektan tersebut baik saat datang dan pergi meninggalkan hotel.

"Agar setiap pengguna bilik disinfektan selalu menjaga jarak aman yakni sejauh satu meter ketika antri dengan pengguna lainnya yang akan menggunakan fasilitas tersebut," ujarnya.

Wayan mengakui, pihak juga menyurati Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI ) NTT ,kabupeten dan Kota Kupang agar memperhatikan hal yang sama, yakni melakukan konsolidasi anggota PHRI untuk memberikan dukungan terhadap arahan dan kebijakan pemerintah dalam menyiapkan bilik disenfektan di setiap hotel dan restoran.

"PHRI se -NTT juga kita harapkan dapat memperhatikan hal ini dan memastikan semua hotel dan restoran menyiapkan bilik disenfektan," ujarnya.

Besok Aston Kupang Hotel Peringati Earth Hour 60 + 30, Simak Info Lengkap

Dikatakan, partisipasi jajaran PHRI Provinsi NTT, PHRI Kabupaten se -NTT dan PHRI Kota Kupang sangat mendukung upaya percepatan penanganan Covid-19 bersama seluruh elemen masyarakat lainnya
Sebelumnya, Ketua PHRI NTT, Fredy Ongkosaputra dalam jumpa pers dengan wartawan di depan Kantor

Gubernur NTT , Rabu (25/3/2020) mengatakan, PHRI siap mendukung pemerintah NTT dalam mencegah penyebaran virus corona /Covid -19. PHRI NTT juga akan membantu dalam hal penanganan kasus Covid -19.
Menurut Fredy, pihaknya siap mendukung pemerintah NTT dalam menangani Covid -19 yang saat ini tengah mewabah di sejumlah wilayah di Indonesia.

"PHRI NTT juga siap bantu pemerintah,apabila daya tampung rumah sakit dan beberapa tempat yang disiapkan tidak mencukupi," kata Fredy.

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved