Cegah Mewabah Virus Corona, Warga Baru Datang Wajib Lapor Lurah dan Kepala Desa

Sekretaris tim gugus tugas percepatan penanganan pencegahan virus corona tingkat Kabupaten Sumba Barat,Yanis Lublau, mewaj

Cegah Mewabah  Virus Corona, Warga Baru Datang Wajib Lapor Lurah dan Kepala Desa
POS-KUPANG.COM/Petrus Piter
Kepala BPBD Kabupaten Sumba Barat, Ir. Yanis Lubalu 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM/WAIKABUBAK---sekretaris tim gugus tugas percepatan penanganan pencegahan virus corona tingkat Kabupaten Sumba Barat,Yanis Lublau, mewajibkan setiap orang yang baru tiba di Sumba Barat dari daerah luar Sumba wajib melapor diri kepada lurah atau kepala desa agar diambil tindakan medis demi mencegah menularnya virus mematikan covid-19 di Sumba Barat.

Pasalnya libur kegiatan sekolah, kuliah dan perkantoran memungkinkan banyak warga Sumba Barat yang berada diluar Sumba memilih pulang kampung. Pergerakan manusia seperti itu memungkinkan menularnya virus corona (covid-19) di daerah itu.

Sekretaris tim gugus tugas percepatan penanganan pencegahan virus corona tingkat Kabupaten Sumba Barat yang juga adalah Kepala Badan Penanggulangan Bemcana Daerah (BPBD), Yanis Lubalu menyampaikan hal itu di posko penanganan virus corona di Dinas Kesehatan Sumba Barat,Junat (27/3/2020).

Penutupan Bandara Harus Melalui Gubernur

Menurutnya, pihaknya telah meminta para camat, lurah dan kepala desa untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar proaktif memberi laporan bila ada warga baru datang di wilayahnya. Para camat dan kepala desa harus proaktif turun apangan menghimbau masyarakat menjalankan pola hidup sehat, tidak boleh pergi keluar daerah dan memilih beraktivitas di rumah, melapor bila warga baru tiba di kampungnya dan tidak boleh hanya menunggu lappran masyarakat. Hal itu karena kepala desa lurah dan camat yang paling memahami kondisi rakyatnya.

BAHAYA, Striker Anyar Persib Bandung Jalani Tes Corona Virus, Ini Pemicu, Simak Info Liga 1 2020

Selain itu, melalui tim gugus tugas pula akan melakukan patroli keliling kota hingga kecanatan dan melakukan koling menghimbau warga mentaati himbuan pemerintah agar sementara waktu berada di rumah saja.

Dalam kesempatan itu, ia menambahkan, satpol pp terus bekerja melakukan patroli keliling guna menertibkan kerumunan warga dan anak-anak sekolah yang berkeliaran di luar rumah. Semua itu dilakukan guna memastikan anak-anak berada di rumah. (Pet)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved