TransNusa Hentikan Penerbangan, Masyarakat Setuju

kebaikan bersama, masyarakat Kabupaten Belu mendukung kebijakan maskapai transnusa untuk menghentikan sementara penerbangan di wilay

TransNusa Hentikan Penerbangan, Masyarakat Setuju
ISTIMEWA
TransNusa 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS KUPANG.COM| ATAMBUA-----Demi kebaikan bersama, masyarakat Kabupaten Belu mendukung kebijakan maskapai transnusa untuk menghentikan sementara penerbangan di wilayah Indonesia dalam rangka pencegahan penyebaram virus corona atau cpvid 19.

Hal ini sejalan dengan instruksi pemerintah agar dilakukan lockdown penerbangan supaya mencegah akses masuk-keluar orang di suatu wilayah.

Warga Atambua, Paul Mali dan Jemy Soares mengatakan hal ini kepada Pos Kupang.Com, saat diminta komentarnya, Kamis (26/3/2020). Menurut Paul Jemy, rencana Transnusa untuk menghentikan penerbangan merupakan langka yang tepat dalam rangka mencegah penularan covid 19.

Bagi masyarakat Belu, dampak dari kebijakan ini tidak terlalu besar karena masyarakat masih bisa menggunakan transportasi darat untuk wilayah Timor. Namun, untuk kepentingan yang urgen di luar NTT akan menjadi kendala karena pesawat tidak beroperasi.

Antisipasi Penularan Corona, Rutan Kupang Sediakan Ruang Isolasi Mandiri  

Anggota DPRD Belu, Theodorus Seran Tefa kepada Pos Kupang.Com mengatakan, ia mendukung kebijakan transnusa untuk menghentikan penerbangan. Karena sesuai instruksi pemerintah, salah satu upaya untuk mencegah virus corona adalah lockdown.

"Saya mendukung kebijakan pemerintah pusat dalam rangka mencegah virus corona. Dan untuk mencegah agar tidak terjangkit virus corona sebaiknya menggunakan mobil pribadi dulu", ungkap Theo Manek, sapaan akrabnya.

Secara terpisah, Aprianus Hale mengatakan, rencana pemberhentian penerbangan sementara memberikan efek baik dan juga buruk.

Jika melihat instruksi dari Gubernur yang dilanjutkan oleh Bupati bahwa semua perjalanan dinas pemerintahan dihentikan dan juga merujuk pada metode pencegahan Covid 19 yang mengharuskan semua orang dirumah saja maka tentu menjadi pertimbangan bagi pihak Transnusa.

Karena dalam hitungan transnusa bahwa penumpang yang menggunakan jasa penerbangan pasti berkurang sehingga dalam hitungan ekonomis menjadi penting untuk mereka hentikan penerbangan sementara.

Di sisi lain, jika dilihat dari kebutuhan darurat dalam mengatasi masalah covid 19 yang membutuhkan penerbangan maka tentu hal ini sangat fatal karena menghambat perjalanan dalam urusan tersebut.

"Jadi jika memang Transnusa menghentikan penerbangan sementara maka pihak pemerintah terkhusus bagi Stakeholder yang menangani masalah covid 19 ini harus juga sudah antisipasi ketika penerbangan ini sudah dihentikan", terang Apri yang adalah anggota DPRD Belu. (jen).

Tags
TransNusa
Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved