Corona di ntt

Pemkab dan DPRD Kupang Sepakati Dana Rp 1,5 Miliar Cegah Penyebaran Covid 19

terkait upaya mencegah penyebaran virus corona, pimpinan DPRD Kabupaten Kupang sudah membangun komunikasi dengan bupati Kupang

Pemkab dan DPRD Kupang Sepakati Dana Rp 1,5 Miliar Cegah Penyebaran Covid 19

POS-KUPANG.COM I OELAMASI--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang bersama DPRD Kupang bersepakat menyisihkan dana dari DPA tiap OPD  dalam upaya mencegah penyebaran virus corona atau Covid 19.

Sesuai hasil indentifikasi pemda melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, kebutuhan yang diperlukan dalam mengatasi virus corona ini sekitar Rp 1,5 Miliar. Terhadap dana itu, dari hasil koordinasi antara bupati dan pimpinan dewan, dapat disepakati dan akan ditetapkan pada perubahan APBD 2020 mendatang.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Sofia Malelak de Haan menyampaikan hal ini kepada Wartawan di Oelamasi, Kamis (26/3).

Sofia mengatakan, terkait upaya mencegah penyebaran virus corona, pimpinan DPRD Kabupaten Kupang sudah membangun komunikasi dengan bupati Kupang dalam kaitannya dengan pengalokasian anggaran.

Upaya yang dilakukan dengan saling koordinasi ini, lanjut Sofia,  setelah ada Surat Edaran dari Mendagri soal  optimalisasi APBD oleh pemda dalam upaya mencegah virus corona.

"Yang diminta adalah  penyelenggara  pemda untuk optimalisasi ini maka bupati dan dewan,  wajib hukumnya untuk  tindaklanjuti sehingga penanganan serius terhadap virus ini," jelas Sofia.

Politisi NasDem ini mengatakan, dari hasil koordinasi dengan pemkab diperoleh laporan bahwa Dinkes secara internal melakukan revisi DPA di dinas tersebut anggaran  sebesar Rp 300 juta untuk mengatasi kelangkaan alat pelindung diri.

"Ini tidak bisa ditunda lagi wajib kita antisipasi. Ada pos anggaran di OPD-OPD. Dari hasil indentifikasi pemda melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, kebutuhan yang diperlukan dalam mengatasi virus corona ini sekitar Rp 1,5 Miliar.

"Ada  pos anggaran di pemda.  Dewan bukan pengguna anggaran. Kita minta OPD  lakukan revisi APBD dalam DPA masing-masing. Pemda akan  lihat pos anggaran mana yang bisa teralokasi Rp 1,5 miliar. Apakah diambil dari pos dewan atau pemda, intinya segera diambil langkah. Dewan dan pemda akan tetapkan di perubahan. Jadi koordinasi sudah kita lakukan," tegas Sofia.

Menurutnya, total anggaran itu akan difokuskan pada perhatian pada OPD, PDP, APD dan pengadaan deinfektan. Di Kabupaten Kupang terpapar ODP sebanyak  4 orang diharapkan segera tertangani.

"Saya juga minta anggota DPRD saling koordinasi untuk pengadaan masker bagi warga. Jangan kita saling debat tapi bantu turun ke dapil masing-masing untuk bantu tenda untuk tim kesehatan atau apapun  yang dilakukan. Apa yang bisa dilakukan dewan untuk bantu warga, mari kita gotong royong," harap Pegiat LSM ini.

Doa Tolak Bala Arab Latin dan Artinya, Mustajab Terhindar dari Virus Corona

WASPADA! Ini Ciri-ciri Terinfeksi Virus Corona Hari Pertama hingga Hari Ketujuhbelas, Cairan di Paru

Polda NTT : Kerumunan Massa Di Tempat Publik Yang Tidak Mau Bubar Akan Dipidana

BREAKING NEWS: Antisipasi Covid-19, Posko Terima Keluhan Via Aplikasi, Warga Kupang Catat Nomornya!

Dirinya menghimbau kepada warga Kabupaten Kupang untuk mengikuti imbauan pemerintah dan tokoh agama dengan berdiam diri di rumah termasuk melakukan sosial distancing.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved